8 Makanan Yang Baik Untuk Osteoporosis

 https://www.smaspeman99.com/2022/08/8-makanan-yang-baik-untuk-osteoporosis.html

Osteoporosis itu adalah ketika tulang secara perlahan-lahan kehilangan kepadatannya jadi didalam tulang kepadatannya jadi keropos, lemah dan rentan, gampang fraktur, tulang patah, misalnya mudah retak dan patah.

Jadi osteoporosis sebagai penyakit tidak ada suaranya, intinya kalau sudah jatuh kepleset atau tulang patah gampang sekali. Patah tulang atau kepleset kita jatuh karena kita sudah tidak kuat lagi. Rangka badan, tulang-tulang kita itu sudah keropos, sudah tidak kuat, biasanya kalau udah kena osteoporosis yang paling sering yaitu jatuh terpeleset.

Jatuh menyebabkan tulang patah, terus nyeri di leher, di punggung bawah dan postur tubuh akan bongkok, tidak bisa lurus lagi. Penurunan tinggi badan secara perlahan-lahan, kalau orang sudah berumur biasanya lebih pendek, lebih-lebih ciut. Jadi bagaimana kalau orang sudah kena osteoporosis, apa yang di makan, bagaimana memperbaikinya.

1. Susu
Dari kecil kita telah dianjurkan untuk minum susu setiap pagi, bangun tidur mau makan pagi kita dianjurkan oleh orang tua kita. Susu yang paling utama disini membantu osteoporosis untuk memperkuatkan tulang-tulang dan padatkan tulang karena didalam susu banyak kandungannya seperti kalsium, vitamin dan lain-lainnya.

Dalam susu juga terdapat bermacam-macam susu,  ada susu yang rendah lemak yaitu low fat milk,  ada susu yang non lemak yaitu non fat milk. Selain susu kita juga dianjurkan untuk makan yoghurt, karena yoghurt penuh dengan kalsium dan vitamin D, karena itu salah satu yang bisa memperkuat tulang kita.

2. Salmon dan ikan sarden
Di dalam ikan sarden dan salmon itu banyak sekali yang namanya vitamin, kalsium yang tinggi dan kedua juga vitamin K2. Jadi ini semua yang akan memperkuat tulang, makanya kalau kita bisa makan ikan apalagi sarden. Ikan sarden biasa kita makan termasuk tulang-tulangnya juga. Kalau yang sudah lembut seperti itu juga baik untuk kesehatan tulang kita.

3. Lemak ikan
Seperti kita tahu dikaitkan ada omega 3-nya, ada lemaknya, dalam lemak ikan itu baik untuk kesehatan. Bukan berarti kita makan banyak lemak ikan menjadi kolesterol. Bukankah lemak ikan itu baik untuk kita, selain melawan kolesterol juga menyehatkan tulang osteoporosis.

4. Sayur kale
Sayur kale sangat populer untuk orang yang penyakit kanker paru, di sini untuk osteoporosis juga penting. Di dalam kale, setengah gelas kale mengandung 565 mikrogram vitamin K1. Berarti di dalam kale itu banyak sekali vitamin K, banyak kalsium, banyak macam-macamnya yang paling utama di dalam kale karena banyak vitamin dan ada antioksidan baik juga untuk penyakit jantung. Termasuk di dalamnya ada kuerten dan hem vero kurstin dan kem pelet UB membantu penyakit jantung dan osteoporosis.

5. Brokoli
Kita sudah tidak asing lagi dengan sayur brokoli, kandungan nutrisinya banyak sekali, kalsiumnya sangat tinggi. Di dalam sayur brokoli itu mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk folat, kalium, mangan, zat besi, vitamin C dan K. Jadi dalam brokoli kaya akan vitamin dan padat dengan kalsium serta mineral lain yang baik untuk memperpadat tulang kita apabila terkena penyakit osteoporosis.

6. Bayam
Bayam juga kaya dengan vitamin, makanya orang Jepang suka sekali makan bayam. Jadi di dalam bayam nutrisinya banyak sekali ada vitamin A, vitamin B, vitamin E, magnesium, folat, zat besi. Di dalam vitamin-vitamin ini ada juga di dalam bayam seperti vitamin K untuk memperbaiki, membantu pertumbuhan tulang. Bayam mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, juga melawan kanker, mengatur tekanan darah kita. Jadi kalau darah tinggi bisa normal, darah rendah bisa normal, jadi bayam sangat bagus.

7. Asparagus
Asparagus mengandung vitamin k sampai 60 mikrogram dalam 125 ml. Asparagus rasanya enak dan juga mudah dimakan. Kalau yang bagus berarti asparagus bisa direbus asal jangan terlalu lama panasnya atau rebusnya sebab dimasak terlalu lama asparagus akan hilang vitamin-vitamin.

Makanya asparagus juga baik  dimakan dari anak kecil sampai orang yang dewasa, lansia juga suka namanya asparagus asal tahu cara masak yang enak. Caranya mau tahu, mudah saja asparagus cuman direbus habis itu disiram bisa pakai saus tiram. asal kita yang suka makan asparagus yang seperti direbus setengah mateng atau sudah direbus.

8. Lemon dan jeruk

Di dalam lemon dan jeruk banyak sekali yang namanya mengandung vitamin C dan vitamin C prinsip nama kerennya asam askorbat, jadi intinya di dalam jeruk dan lemon selain penuh vitamin C yang baik untuk kesehatan juga baik untuk tulang, juga kaya dengan antioksidan ditambah karena banyak vitamin C dan antioksidan sekaligus juga bisa membentuk kolagen didalam tulang-tulang dan di kulit kulit. Selain itu juga di dalam vitamin C baik untuk kesehatan kulit, memiliki tulang dan gigi itu semua salah satu komponen vitamin C yang tidak bisa dihindarkan. Harus yang paling banyak yang paling padat adanya di lemon dan jeruk.

Dengan menjaga pola hidup dan rajin gerak badan, salah satu itu vitaminnya untuk memperpadat tulang, kemudian makanan yang sehat yang banyak vitamin K, vitamin D dan kalsium dan magnesium. Itulah salah satu vitamin yang bisa membantu memperpadat tulang-tulang kita.