Manfaat Land Aplikasi Pada Perkebunan Kelapa Sawit

 https://www.smaspeman99.com/2022/08/manfaat-land-aplikasi-pada-perkebunan.html

Land aplikasi pada perkebunan kelapa sawit adalah memanfaatkan sisa pembuangan akhir limbah dari pabrik pengolahan yang sudah di sterilkan dan layak untuk di alirkan ke kebun untuk di manfaatkan.

Namun pada pabrik limbah yang terakhir jarang di alirkan ke sungai, karena bisa di manfaatkan, karena limbah terakhir tersebut sangat bermanfaat sekali untuk tanaman.

Berikut beberapa manfaat dari land aplikasi:

1. Dimanfaatkan sebagai pupuk
Limbah terakhir yang sudah di daur ulang dengan memanfaatkan bakteri untuk mengurai limbah tersebut, sehingga tidak menimbulkan pencemaran pada air dan tanah. Dengan memanfaatkannya sebagai pupuk yang akan mengurai, biaya perusahaan untuk pembelian pupuk kimia untuk kelapa sawit akan berkurang.

Land aplikasi itu metodenya dengan mengalirkan limbah ke lahan perkebunan setelah di buat parit dan mengalirkan dengan menggunakan pompa dan sistem alir dengan menggunakan perpipaan.

Dengan membuat parit kecil diantara jalur sawit, dan di alirkan sesuai dengan rotasi atau jadwal yang sudah di tentukan, air limbah tersebut akan meresap ketanah dan di hisap oleh akar kelapa sawit. Sehingga sawit yang dialirkan limbah tersebut akan bermanfaat sebagai pupuk alami yang sangat bagus untuk tanaman kelapa sawit.

2. Mengurangi biaya
Sistem ini akan sangat membantu perusahaan dalam hal biaya untuk pemupukan, meskipun tidak semua lahan perkebunan dapat dialiri sistem land aplikasi namun sistem seperti itu sangat membantu untuk mengurangi biaya pemupukan pada perusahaan perkebunan sawit.

3. Mengurangi pencemaran
Meskipun sebenarnya limbah terakhir dari pabrik tersebut layak untuk di alirkan kesungai, namun banyak masyarakat yang tidak setuju jika limbah tersebut di buang kesungai. 

Juga untuk antisipasi human error atau kesalahan dari petugas limbah sehingga tidak mencemari air, karena masih terkadang ada terjadi limbah yang tidak terurai dengan baik akibat kesalahan petugas limbah. Hal ini disebabkan limbah tersebut belum waktunya atau belum cukup harinya di urai oleh bakteri pengurai, sehingga akan bisa mencemari lingkungan di sekitarnya.

Jadi itulah beberapa manfaat dari pembuatan sistem land aplikasi, yang sudah banyak di terapkan dan di manfaatkan kembalii untuk menyuburkan tanah dengan baik dan menambah produksi buah kelapa sawit, sehingga merupakan suatu keuntungan bagi perusahaan.