Tahukah Anda Gejala, Penyebab Serta Penanganan Wasir Atau Ambeien

 https://www.smaspeman99.com/2022/09/tahukah-anda-gejala-penyebab-serta.html

Wasir atau ambeien atau hemorrhoid yaitu pembengkakan pembuluh darah di rektum atau anus. Ambeien merupakan hal yang bisa dialami oleh siapa saja dan umumnya dialami oleh mereka yang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Ambeien atau wasir memiliki gejala mulai dari rasa bengkak atau perih pada anus, rasa gatal dan pendarahan.  

Ada dua jenis wasir yaitu:

1. Wasir internal atau pembengkakan pembuluh darah di rektum yang tidak tampak dari luar.

2. Wasir eksternal atau wasir yang pembengkakan-nya tampak dari luar dan terasa lebih nyeri.
    
Disamping itu wasir menimbulkan gejala bengkak pada anus serta memberikan gejala seperti rasa gatal, rasa benjolan yang terasa perih. Wasir dipicu atau disebabkan oleh kebiasaan mengejan yang terlampau keras saat BAB (buang air besar).

Karena kemudian sembelit atau konstipasi keluar mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan kebiasaan mengangkat beban yang berat dan bisa terjadi pada perempuan hamil atau pada saat melahirkan.

Wasir harus segera diobati supaya pembengkakan-nya tidak pecah, tidak melintir dan pengobatan dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat untuk melancarkan BAB. Menerapkan pola makan yang tinggi serat, kemudian menggunakan obat oles untuk wasir dan apabila sudah cukup parah maka dilakukan operasi pengangkatan wasir.

Namun mencegah lebih baik dari pada mengobati oleh sebab itu konsumsilah makanan tinggi serat, hindari mengejan dan hindari pula duduk terlalu lama. Tentunya terapkan pola makan yang sehat dan aktiflah bergerak. Semoga bermanfaat.