6 Makanan Yang Direkomendasikan Untuk Kesehatan Jantung

https://www.smaspeman99.com/2022/11/6-makanan-yang-direkomendasikan-untuk.html

Penyakit jantung akan menjadi bom waktu, gejala awal biasanya ringan namun jika terus dibiarkan akan berakibat fatal untuk kesehatan manusia.  Perlu adanya sinergitas antara menjaga gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi. 
 
Penderita sakit jantung juga harus menahan ego-nya untuk mengkonsumsi makanan berdasarkan kemauan  lidah, karena biasanya makanan-makanan tersebut mengandung banyak kolesterol jahat. Yang dapat menimbulkan plak yang dapat menghambat kerja jantung.

Jantung akan kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh, komplikasi penyakit lain pun juga akan terjadi seperti nyeri dada dan sesak nafas, resiko terburuknya ada gagal jantung yang berakibat kematian.

Namun jangan khawatir karena kami akan memberitahu Anda sumber makanan yang bagus untuk kesehatan jantung:

Coklat Hitam

Makanan yang bagus untuk kesehatan jantung yang pertama adalah coklat hitam. Ada banyak kandungan bermanfaat didalamnya yaitu: flavonoid, magnesium, tembaga dan zat besi. Mengonsumsinya dengan takaran yang tepat akan mengontrol tekanan darah, mencegahnya pengumpulan darah dan menguatkan fungsi jantung.

Berdasarkan riset dari  Frontiers In Immunology, Flavonoid yang terkandung dalam coklat hitam  merupakan antioksidan yang ampuh untuk mengurangi kolesterol jahat penyebab sakit jantung.

Kacang-kacangan

Kita mungkin mengonsumsi kacang sebagai camilan. Rasanya yang renyah ternyata juga diimbangi dengan khasiat kesehatannya yang besar. Untuk mencegah penyakit jantung disarankan mengonsumsi kacang-kacangan. Karena kaya akan protein dan memiliki lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk menopang nutrisi jantung.

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau bermasalah dengan tekanan darah, sangat bagus untuk mengkonsumsi kacang seperti: Kacang Tanah, kacang hitam, kenari, Almond dan Hazelnut. Dengan konsumsi rutin tingkat kolesterol LDL yang jadi pemicu komplikasi jantung bisa diatasi.

Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang banyak disukai masyarakat. Ada berbagai jenis ikan yang kerap dijadikan santapan kuliner. Bagi penderita sakit jantung ternyata sangat disarankan untuk makan ikan lho. Ikan mengandung omega 3, Asam lemak esensial, dan protein yang akan menstimulasi kinerja jantung.

Menurut riset yang dilakukan oleh The American Heart Association, dengan mengkonsumsi jenis ikan seperti salmon, sarden, tuna, makarel, dan Trout akan memperlancar aliran darah dari jantung, ikan-ikan tersebut juga bersifat Anti-inflamasi yang bagus untuk mengatasi peradangan.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah populer yang lazim dikonsumsi manusia. Buah yang banyak ditemukan di daerah tropis ini selain lezat juga memiliki kandungan gizi yang lengkap. Pisang mengandung vitamin B6, C, Mangan, Potasium, serat dan protein yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Tekanan darah yang tinggi biasanya mempercepat keluhan jantung namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi pisang. Diketahui dalam 1 buah pisang terdapat 455 Miligram potassium. Tentunya zat tersebut sangat dibutuhkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Pisang juga akan memperbaikinya neuron dalam otak dan membantu ginjal dalam mendetoksifikasi racun yang berada dalam tubuh.

Sayuran Hijau

Penderita sakit jantung memang harus selektif dalam memilih makanan dan salah satu makanan yang aman untuk mereka adalah sayuran hijau. Masalahnya ada beberapa orang yang tidak suka memakan sayur, padahal kandungan dalam sayur cocok untuk meminimalisir penyakit kardiovaskular seperti jantung, asma dan paru-paru basah.

Contoh sayuran yang baik untuk menjaga  jantung adalah:

Bayam: sayuran ini memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dibanding pisang. Serat yang dimiliki juga akan membantu penderita sakit jantung mengontrol tekanan darahnya.

Brokoli: gunakanlah brokoli dalam menu masakan anda. Karena brokoli punya vitamin C dan E yang tinggi. Antioksidan yang dimiliki olehnya juga membantu tubuh mengeluarkan kolesterol jahat sebab penyakit jantung.

Kubis: nutrisi yang ditawarkan dari daun kubis sangat diperlukan untuk menjaga jantung, salah satu kandungannya adalah asam folat. Kandungan ini akan menurunkan kadar asam amino berlebihan yang bisa membuat pembuluh darah pecah.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji wijen, biji gandum dan labu adalah makanan yang tepat dikonsumsi penderita penyakit jantung. Menurut penelitian dari Asian Heart Association, India. Biji-bijian memiliki kandungan seperti: omega 3 , Antioksidan, magnesium dan potasium yang cocok untuk menurunkan kolesterol jahat penyebab sakit jantung.