7 Cara Memperlancar Haid Dengan Metode Alami

https://www.smaspeman99.com/2022/11/7-cara-memperlancar-haid-dengan-metode.html 
 
Normalnya haid akan terjadi antara 28-36 hari sekali, namun dalam kondisi tertentu jadwal haid bisa datang lebih cepat ataupun lambat, ini menandakan bahwa siklus haid berjalan tidak normal.

Untuk penyebab haid tidak lancar ada berbagai faktor seperti: menginjak pubertas, monopause, hormon tidak stabil, gaya hidup, kontrasepsi, stress hingga penyakit tiroid.

Namun jangan khawatir karena kami akan memberitahukan anda bagaimana caranya memperlancar haid dengan cara alami.

Istirahat yang cukup

Kurang tidur akan membuat pikiran kacau, bukan hanya itu saja siklus haid juga akan berjalan tidak lancar. Haid bisa datang 2-3 kali dalam sebulan. Solusi dari kurang istirahat adalah memastikan tidur dengan waktu yang cukup. Tidurlah antara 7-8 Jam perhari. Ini akan memulihkan fisik, metabolisme, pikiran dan hormon yang mengatur siklus haid.

Masalahnya ada beberapa orang yang kesulitan untuk tidur, entah karena banyak pikiran, posisi tidur kurang nyaman atau menderita insomnia. Terlalu banyak minum kopi juga bisa menjadi alasan susah tidur. Anda bisa belajar meditasi, kemudian memastikan tidur dalam ruangan yang nyaman. Jika masalah terus berlanjut disarankan untuk mengunjungi dokter.

Biasakan Pola Hidup Sehat

Tips melancarkan haids secara alami berikutnya adalah memperbaiki gaya hidup. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, tubuh akan mengalami perbaikan secara menyeluruh. Metabolisme semakin lancar dan berpengaruh pada siklus haid menjadi normal.

Gaya hidup sehat bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi contohnya sayuran hijau, oatmeal dan buah-buahan. Kandungan vitamin kompleks dan mineral yang ada didalamnya, akan membantu melancarkan siklus Haid.

Pola hidup sehat yang kedua adalah rajin berolahraga, setidaknya 2 kali Seminggu. Imbangi gaya hidup sehat dengan menghindar minuman beralkohol, junk food dan merokok, karena membuat hormon haid tidak stabil.

Mengelola Stress

Selain faktor fisiologis, hal lain yang membuat siklus haid tidak lancar adalah stress. Jika anda mengalaminya, segeralah mengambil tindakan untuk mengontrol stress. Stress bisa terjadi karena tuntutan kerja, kehidupan pribadi, jenuh dan sebagainya. Hanya diri sendiri yang bisa untuk mengendalikannya.

Anda mungkin perlu belajar pernafasan/meditasi untuk mengendurkan urat syaraf. Cara ini bisa mengurangi stress karena memicu produksi hormon dopamine. Ketika anda bahagia, hormon haid anda juga akan ikut stabil.

Jaga berat badan

Apakah anda kegemukan ? Bisa jadi ini akar masalah yang membuat siklus haid menjadi kurang lancar. Kolesterol yang menumpuk biasanya membuat tubuh jadi buncit. Alhasil metabolisme tubuh jadi turun. Untuk itu anda harus menjaga berat badan dalam kondisi ideal.

Namun penurunan berat badan harus dilakukan dengan metode yang lebih alami. Misalnya dengan berolahraga dan diet kalori. Jangan tergoda membeli obat instan penurunan berat badan, karena akan memperparah siklus haid.

Konsumsi Jahe dan Kayu Manis

Tanaman herbal yang dipercaya mampu melancarkan siklus haid wanita adalah jahe dan kayu manis. Kombinasi herbal tersebut menjadi formula dari berbagai masalah kewanitaan. Diketahui jahe dan kayu manis memiliki sifat antiradang.  Nyeri yang terjadi karena haid bisa diatasi dengan herbal jahe + kayu manis.

Menurut beberapa penelitian, jahe dan kayu manis berpotensi menjadi obat penyakit kewanitaan seperti Syndrom Polikistik Ovarium ( PCOS ), yang gejala awalnya berupa siklus Haid tidak lancar.

Jahe dan kayu manis bisa dikonsumsi dengan dijadikan teh. Rasa dari keduanya pun sangat nikmat, jadi anda tidak pey takut rasa pahit dari jamu.

Penuhi Asupan Vitamin D

Penyebab jadwal haid tidak teratur bisa jadi karena kurangnya asupan vitamin D. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mengonsumsi ikan salmon, susu, jamur, telur dan berjemur dibawah sinar matahari. Jika ingin memakai supplement boleh saja tapi dengan pengawasan dokter. Dokter akan mengatur dosis paling tepat untuk anda.

Pakai Jenis Kontrasepsi lain

Jenis kontrasepsi yang anda pilih mungkin tidak cocok dengan anda sehingga berimplikasi pada siklus haid jadi tidak teratur. Anda mungkin perlu menunggu 3 bulan terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat kecocokan kontrasepsi. Jika lebih dari waktu tersebut, siklus haid masih tidak lancar. Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter. Mereka akan merekomendasikan jenis kontrasepsi lain untuk anda.