Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Bisa Terus Cukup

 https://www.smaspeman99.com/2022/11/cara-mengatur-gaji-bulanan-agar-bisa.html

Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Bisa Terus Cukup - Memiliki gaji bulanan yang tidak pas-pasan tentunya akan menuntut diri Anda untuk pandai mengelola keuangan. Selain itu, sumber pendapatan yang Anda miliki tidak akan bertambah, kebutuhan biaya pendidikan anak terus meningkat. Anda perlu berhati-hati dalam mengatur gaji bulanan agar tidak terlilit sebuah hutang. 

Terutama untuk kebutuhan sekunder yang tidak terlalu penting. Padahal, besarnya gaji tidak akan pernah menjamin sebuah kebahagiaan dari keluarga dan terpenuhinya segala kebutuhan hidup. 

Berikut adalah cara Mengatur Gaji Bulanan agar bisa terus cukup yang perlu Anda ketahui:

Formula 40-30-20-10

Dalam mengatur gaji bulanan Anda, maka Anda bisa mencoba rumus paling terbaik pada saat ini yaitu 40-30-20-10, berapa poin dari persentase tersebut? Alokasikan 40% dari gaji Anda untuk biaya hidup dan pengeluaran rutin bulanan seperti makan, transportasi, pulsa, listrik, dan sebagainya. Alokasikan 30% dari gaji untuk membayar cicilan, seperti cicilan rumah, kendaraan, atau utang lainnya. Utamakan pelunasan utang dulu, jangan menambah utang sebelum lunas.

Alokasikan 20% dari gaji untuk tabungan dan tabungan. Dalam hal ini mungkin untuk biaya pendidikan anak di masa depan atau dalam waktu dekat. Jangan habiskan semua gaji Anda untuk kebutuhan pribadi, maka 10% dari gaji Parent Pinters disalurkan untuk sedekah, terutama zakat ketika jumlah nisab telah tercapai. Memberi sedekah juga harus dilakukan agar rezeki anda berkah.

Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Hal yang sering menjebak orang dalam hutang dan hutang lagi adalah keinginan yang sulit dibedakan dengan kebutuhan. Coba lihat berapa tagihan utang bulanan Anda? Jika jumlahnya semakin besar ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan serius. Menekan tagihan utang tentunya akan memperbesar jumlah alokasi biaya hidup lainnya. Yang dibutuhkan bukanlah yang diinginkan. Tahan nafsu makan Anda sejenak jika ingin bisa menikmati jumlah gaji bulanan yang lebih besar.

Bagaimana Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Bisa Terus Cukup?
Misalnya, kendaraan. Anda sudah memiliki mobil A yang sudah memenuhi kebutuhan. Namun karena keinginan untuk melihat mobil B dengan varian yang lebih baru, Anda terpaksa mengganti mobil A ke B dengan jumlah cicilan yang lebih besar. Akibatnya, tagihan yang Anda miliki akan semakin besar. Jangan sampai gaji akhir Anda kurang, Anda juga harus berhutang biaya pokok, misalnya biaya pendidikan anak yang akhirnya menunggak karena harus membayar cicilan mobil.

Mencari Penghasilan Tambahan

Bagi Anda yang merasa alokasi gaji bulanan mulai berkurang untuk kebutuhan pokok? Solusinya adalah mencari penghasilan tambahan. Jika Anda seorang pekerja penuh waktu, Anda bisa mencari peluang bisnis paruh waktu yang masih bisa di jalankan sambil menjalankan pekerjaan utama Anda. 
 
Apa saja contoh terbaik pada saat mencari penghasilan tambahan yang bisa Anda lakukan:
 
• Bisnis produk online, baik produk milik diri sendiri maupun yang lainnya.

• Coba bisnis investasi seperti bisnis emas dan saham.

• Buka layanan online.

• Usaha rumahan dengan modal kecil seperti usaha katering, pulsa, laundry atau jasa rumah tangga.

• Bisnis dropship produk.

• Pemasaran lepas untuk perusahaan tertentu.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari tambahan biaya hidup. Bahkan hal ini bisa dilakukan secara bersama-sama oleh keluarga pasangan hingga anak-anak. Jika Parent Pinter serius, solusi masalah keuangan keluarga secara bertahap bisa teratasi.

Prioritaskan Biaya Pendidikan Anak

Ada kebutuhan bulanan yang mendesak yang tidak bisa ditunda dan tidak bisa terutang, seperti biaya sekolah atau kuliah anak. Jika uang semester tidak dilunasi, anak akan diancam satu semester, misalnya. Hal ini tentu akan merugikan di waktu pendidikan anak Anda. Jadi apa solusi terbaiknya? Lembaga pemberi pinjaman dana pendidikan tentunya bisa menjadi solusi untuk masalah ini. 

Saat Anda mencari tambahan biaya hidup, lembaga pemberi pinjaman pendidikan yang akan siap membantu masalah Anda. Itulah ulasan tentang cara Mengatur Gaji Bulanan agar bisa terus cukup yang perlu Anda ketahui pada sebelumnya. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.