Multipotentialite Adalah, Berikut Definisi, Ciri-Ciri Serta Mitos yang Melekat

 https://www.smaspeman99.com/2022/11/multipotentialite-adalah-berikut.html

Multipotentialite Adalah, Berikut Definisi, Ciri-Ciri Serta Mitos yang Melekat - Pernahkah Anda bertemu seseorang yang ahli di beberapa bidang sekaligus? Nah, itulah multipotensial. Istilah ini tidak banyak dikenal, karena hanya disebut dalam bidang pendidikan dan psikologi. 

Multipotentialite juga mencerminkan orang yang memiliki ketertarikan pada banyak hal dan menguasainya. Besarnya potensi yang dimiliki seseorang dapat mendatangkan keuntungan sekaligus dilema tersendiri.

Definisi Multipotentialite

Multipotentialite Adalah seseorang yang memiliki lebih dari satu bakat dan minat. Mereka cenderung tidak ingin menjadi ahli dalam satu bidang saja. Misalnya, seseorang yang mengambil dan menjalankan dua jurusan yang berbeda, seperti manajemen dan musik selama pendidikannya. Dalam prakteknya, orang yang memiliki banyak potensi ini seringkali merasa kurang. 

Karena tidak memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Banyak tokoh multipotentialite yang menjadi aktivis, penulis, dan politisi. Istilah ini erat dengan generasi milenial maupun generasi setelahnya karena disebut sebagai generasi yang gemar melakukan job-hopping dan mencoba berbagai bidang.

Ciri-Ciri Seorang Multipotentialite
Multipotentialite merupakan hal yang lumrah ditemukan di tempat kerja atau kampus. Ada orang yang memiliki begitu banyak potensi sehingga mereka tidak dapat memilih hanya satu karir tertentu. Berikut adalah beberapa karakteristik dari multipotensial:

• Sulit untuk menjelaskan apa bakat Anda, Anda akan bingung untuk menyebutkannya karena Anda memiliki beberapa bakat sekaligus.

• Tidak memiliki satu bakat khusus atau utama, akibatnya Anda sulit mengidentifikasi kemampuan atau spesialisasi keahlian.

• Ketika Anda mencoba banyak hal baru yang menarik, sulit untuk melihat kemajuan.

• Anda memiliki banyak potensi, bakat, dan kemampuan, tetapi tidak semuanya terkait dalam satu bidang.

• Anda menikmati waktu untuk meneruskan dan menerapkan keterampilan dari satu area ke area lain.

• Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan keinginan untuk belajar.

• Takut memilih satu jalur karir tertentu dan meninggalkan peluang lain.

• Mudah beradaptasi dan fleksibel dalam belajar.

Stigma dan Mitos Terkait dengan Multipotentialite

Tidak Ada Keuntungan Finansial
Orang-orangpasti akan mengatakan bahwa menjadi seorang ahli di beberapa bidang tidak akan ada gunanya jika tidak menghasilkan uang. Namun, ini adalah salah satu mitos karena ada banyak sekali orang yang pada saat ini telah mendapatkan lebih banyak uang dari hobi atau pekerjaan sampingan.

Multipotentialite Adalah?, Berikut Definisi, Ciri-Ciri Serta Mitos yang Melekat

Kurangnya Komitmen
Memiliki banyak potensi di beberapa bidang sekaligus seringkali membuat Anda dicap tidak memiliki komitmen.Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena seorang multipotentialite tentunya memiliki fokus dan komitmen yang baik ketika memiliki kesempatan untuk menambah skill.

Sering Membuat Keputusan yang Salah
Jika seseorang ingin mengejar karir yang berbeda dari pekerjaan yang ada pada saat ini, maka seringkali orang lain menganggap itu bukan hal yang baik.Namun, untuk seorang multipotensial, mereka tahu apa yang ingin mereka lakukan dan karir apa yang lebih baik. Keputusan yang dibuat oleh seseorang dengan banyak potensi pasti telah dipikirkan dengan matang sebelumnya.

Pemborosan Bakat
Ketika seseorang ahli di bidang musik, tetapi memilih berkarir sebagai wirausaha, banyak yang mengatakan itu adalah tindakan sia-sia. Tapi, itu tidak benar. Hanya karena memiliki bakat musik, bukan berarti mereka punya waktu untuk mengasah bakat itu dan menjadikannya karier yang besar.

Mengubah Karir
Seseorang yang memiliki potensi di beberapa bidang terkadang memutuskan untuk mengubah karir yang telah lama dijalaninya. Orang lain akan menilai ini sebagai tindakan yang berisiko dan gegabah. Yang perlu Anda ingat adalah tidak ada yang sia-sia jika Anda mempelajari sesuatu yang baru.

Multipotentialite Adalah Hak Istimewa
Ada mitos yang mengatakan bahwa multipotentialite hanya berlaku untuk orang kaya dan privilese. Sementara itu, orang-orang yang tidak memiliki hak istimewa merasa sulit untuk mempelajari beberapa bidang sekaligus dan lebih fokus pada satu karir untuk mendapatkan penghasilan tetap.

Namun, ini adalah kasus yang tidak bisa disamakan. Multipotentialite tidak dapat didefinisikan oleh kelas tertentu. Sebab, Multipotentialite Adalah tentang kuatnya minat dan motivasi setiap individu.