7 Makanan Alami Untuk Menaikkan Trombosit

https://www.smaspeman99.com/2023/01/7-makanan-alami-untuk-menaikkan.html

Ada kalanya dalam keadaan tertentu dimana kadar trombosit bisa turun ataupun bisa dibawah normal. Misalkan karena penyakit demam berdarah ataupun karena anemia ataupun karena penyakit lainnya. Kadar trombosit bisa kita naikkan ataupun bisa kita tingkatkan dengan cara alami.

Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan, jadi kita akan membahas makanan untuk meningkatkan trombosit. Trombosit ataupun keping darah kalau seandainya kadarnya kurang, turun ataupun kalau medisnya disebut dengan trombositopenia ini tidak boleh dianggap remeh.

Karena kalau seandainya trombosit turun dibawah normal, ini akan mempengaruhi tubuh kita.  Ini bisa berakibat fatal Jadi tidak boleh diremehkan untuk membantu meningkatkan kadar trombosit ataupun trombosit di dalam darah. Andadisarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, vitamin K, folat dan juga zat besi.

Jadi ada beberapa makanan yang direkomendasikan yang bisa anda konsumsi untuk membantu meningkatkan kadar trombosit yakni:

1. Daun pepaya 

https://www.smaspeman99.com/2023/01/7-makanan-alami-untuk-menaikkan.html

Nutrisi acetogenin yang bisa membantu meningkatkan keping darah ataupun trombosit dalam darah dan juga sebaiknya fungsinya untuk mengkonsumsi daun pepaya anda boleh. Misalkan merebus untuk meminum airnya ataupun daun pepaya mau dibikin jus ataupun di ekstrak. Daun pepaya dimasukkan kapsul, juga anda makan sayuran daun pepaya, ini juga boleh.

2. Jambu biji 

https://www.smaspeman99.com/2023/01/7-makanan-alami-untuk-menaikkan.html

Jambu biji juga bisa membantu meningkatkan kadar trombosit, anda mungkin sudah pernah mendengar kalau orang yang terkena demam berdarah trombositnya turun yaitu disarankan mengkonsumsi jambu biji. Untuk membantu meningkatkannya karena jambu biji mengandung LZ in dan juga trombin Al yang bisa membantu meningkatkan kadar trombosit di dalam darah.

Cara kerjanya, merangsang dia memproduksi keping darah di sumsum tulang jadi tidak heran, misalkan anda ataupun adanya orang yang sakit terkena demam berdarah disarankan untuk mengkonsumsi jambu biji ataupun jus buah jambu biji.

3. Sayuran hijau 

https://www.smaspeman99.com/2023/01/7-makanan-alami-untuk-menaikkan.html

Sayuran hijau seperti bayam, sawi hijau dan daun kale merupakan sumber vitamin K, kalsium dan nutrisi lain yang bisa membantu meningkatkan kadar trombosit. Jadi anda yang tidak suka makan sayur, mulai saat ini, mulai menyukainya dengan cara yang sehat dan konsumsi secara teratur.

4. Buah delima 

https://www.smaspeman99.com/2023/01/7-makanan-alami-untuk-menaikkan.html

Buah delima yang di infokan buah yang kaya akan antioksidan yang polifenol antioksidan ini berfungsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Kemudian juga menangkal radikal bebas, buah delima juga biasanya dikenal untuk mencegah peradangan, untuk kesehatan otot dan tentunya buah delima ini bisa anda gunakan sebagai cara alami untuk meningkatkan trombosit.

5. Zat besi
Anda ketika kekurangan zat besi dan juga pola tubuh anda bisa mengalami anemia, trombosit bisa turun. Untuk meningkatkannya tentu anda disarankan untuk mengkonsumsi zat besi dan juga dalam hati khususnya hati sapi. Ketika anda konsumsi ini bisa membantu meningkatkan keduanya.

Tetapi anda dalam mengkonsumsi hati sapi jangan sampai berlebihan. Karena hati sapi termasuk jeroan, jadi konsumsi dalam batas yang wajar. Anda kalau tidak suka hati sapi, anda bisa mengkonsumsi daging tapi daging merah, kemudian ayam, telur, ikan. Jadi itu semua juga bisa membantu meningkatkan trombosit.

6. Gandum utuh 

https://www.smaspeman99.com/2023/01/7-makanan-alami-untuk-menaikkan.html

Gandum utuh, sesuai dengan namanya beda dengan gandum biasa, kalau gandum utuh biasanya karena butuh melalui proses penggilingan yang begitu panjang. Jadi masih ada kulit arinya, yang di gandum tersebut kulit ari dari gandum yaitu banyak sekali nutrisinya yang mulai dari zinc kemudian juga zat besi, vitamin B, magnesium dan juga antioksidan. Selain itu juga gandum tentu mengandung karbohidrat, karbohidrat kompleks. Nah itu semua bisa membantu meningkatkan kadar trombosit anda secara alami.
 
7. Kurma 

https://www.smaspeman99.com/2023/01/7-makanan-alami-untuk-menaikkan.html

Tahukah anda bahwa kurma juga bisa membantu meningkatkan kadar trombosit, kurma memang identik ketika bulan puasa ataupun ramadan dan juga lebaran. Anda bisa konsumsi 2 buah kurma sehari secara rutin untuk meningkatkan kadar trombosit.

Selain anda mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan trombosit tadi, anda juga disarankan untuk cukup istirahat, jangan sampai stres. Kemudian anda konsumsilah air minum yang cukup, cukup kebutuhan cairan yakin hindari rokok, kemudian alkohol, juga anda jangan mengkonsumsi makanan yang tidak segar, misalkan makanan cepat saji, makanan kalengan, jadi konsumsilah makanan sehat.