Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Maag, Kanker Dan Juga Mengontrol Gula Darah

 https://www.smaspeman99.com/2023/01/manfaat-kunyit-untuk-mengatasi-maag.html

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki segudang manfaat, tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Ternyata kunyit juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Khasiat kunyit kerap digunakan untuk mengatasi sejumlah penyakit, diantaranya kunyit diketahui mengandung kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan anti radang yang bisa meredakan gejala maag.

Tapi benar atau salah kunyit itu bisa meredakan maag benar. Karena memang kunyit sejak dulu dipakai untuk mengatasi gangguan pencernaan dan kunyit itu juga bersifat menyembuhkan luka pada lambung, mengurangi gas pada sistem atau saluran pencernaan serta menurunkan produksi dari asam lambung. Alergi bisa terjadi pada siapapun yang memiliki respon kekebalan tubuh terhadap alergen atau zat asing tertentu.

Alergi kerap menjadi masalah bagi sebagian orang terutama bagi mereka yang memiliki gangguan sistem imun. Gejala alergi dapat berbeda-beda pada setiap orang. Pada alergi kulit misalnya dapat terjadi ruam merah yang sangat mengganggu. Lalu apakah kunyit bisa mengatasi masalah alergi pada seseorang benar karena kunyit itu memang bersifat anti alergi dan juga bersifat anti peradangan.

Sehingga kunyit ini bisa membantu mengatasi gangguan alergi seperti rhinitis alergi ataupungatal-gatal. Karena alergi menstruasi atau haid menjadi siklus alami yang dialami wanita menstruasi. Terjadi karena meluruhnya dinding rahim yang tak dibuahi oleh sel sperma namun sebagian wanita harus menghadapi masalah nyeri haid. Beberapa penelitian mengatakan kunyit bisa digunakan untuk mengatasi nyeri haid tersebut.

Lalu benar atau salahnya, kunyit ini bisa meredakan nyeri haid betul, karena memang kunyit mengandung senyawa-senyawa aktif golongan kurkuminoid yang bersifat analgetik atau bisa membantu meredakan nyeri terutama nyeri yang terjadi saat menjelang haid dan juga saat haid. Selain berfungsi sebagai zat analgesik, kunyit juga memiliki zat antioksidan yang bisa digunakan untuk menetralisir racun dalam tubuh.

Anda dapat memanfaatkan kunyit sebagai pertolongan pertama untuk menetralkan racun. Karena antioksidan pada kunyit mampu menyerap racun dan mencegah racun menyebar ke seluruh tubuh benar atau kunyit dapat menetralisir racun dalam tubuh benar. Karena kunyit bersifat hepatoprotektif atau menjaga fungsi lever sehingga lever bisa menjalankan tugasnya dalam melakukan detoksifikasi.

Sehingga racun-racun akan lebih cepat dikeluarkan bagi penderita diabetes atau gula darah tinggi. Kunyit juga dimanfaatkan sebagai obat, dipercaya sebagai tanaman yang berhasiat mengontrol kadar gula darah. Benar atau salah kunyit dapat mengendalikan gula darah? Benar karena kunyit terutama mengandung senyawa aktif utama yakni kurkumin bersifat menstabilkan kadar gula darah.

Kunyit adalah rempah-rempah

Manfaat rempah-rempah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai zat anti peradangan. Oleh karena itu anda dapat mengonsumsi kunyit saat sakit tenggorokan atau ketika sedang mengalami infeksi pada tubuh. Benar atau salah kunyit merupakan rempah anti-peradangan? Benar sekali karena kunyit itu memiliki sifat atau mekanisme kerja yang sangat jelas sekali. Bersifat anti-peradangan yang sangat kuat dibandingkan herbal-herbal yang lain. Sehingga kunyit ini bermanfaat pada peradangan sendi. Misalnya osteoartritis ataupun rheumatoid arthritis bagi anda yang sedang mengalami gatal-gatal atau panu bisa menggunakan kunyit sebagai obatnya.

Karena menurut penelitian, kunyit memiliki zat anti-inflamasi yang berperan sebagai zat anti bakteri dan jamur atau salah kunyit berfungsi sebagai antibakteri dan jamur betul. Kunyit memang bersifat antibakteri dan antijamur karena memang kunyit ini mengandung ratusan senyawa-senyawa aktif yang terutama dimainkan oleh kelompok senyawa kurkuminoid yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri dan juga jamur.

Rempah-rempah seperti kunyit juga dianggap bisa menghambat pertumbuhan sel kanker karena kurkumin pada kunyit bisa memperbaharui sel dan menghambat sel kanker payudara, prostat, kanker hati dan lainnya. Lalu benarkah kunyit bisa menghambat pertumbuhan kanker? Benar, kunyit telah lama diketahui melalui penelitian bersifat antikanker, artinya kunyit ini bisa membantu kita untuk mencegah terjadinya kanker ataupun mencegah pertumbuhan.

Lebih lanjut dari pada sel kanker bagaimana saran penyajian kunyit yang baik untuk kesehatan. Untuk menyajikan kunyit sebetulnya ada banyak pilihan, kita bisa pakai kunyit segar atau bisa juga kita pakai kunyit yang sudah dikeringkan atau bisa juga pakai bubuk kunyit yang berasal dari kunyit yang dikeringkan. Kemudian digiling sehingga bentuknya menjadi bubuk atau kita juga bisa konsumsi kunyit dalam bentuk ekstrak dan bahkan ada lagi produk suplemen yang isinya satu senyawa aktif utama dari kunyit yaitu kurkumin.

Tentu masing-masing dikonsumsi bisa dengan cara yang sesuai, kita bisa pilih mana yang lebih nyaman dan juga mana, yang lebih sesuai untuk indikasi pengobatan yang mau kita tuju. Untuk penyerapan yang lebih baik ketika kita mengolah kunyit, itu akan lebih baik dicampur dengan lemak nabati misalnya Virgin Coconut oil ataupun kita bisa tambahkan lada hitam atau long paper. Cara penyajian kunyit yang paling sederhana adalah dengan cara dimakan mentah. Jadi kunyit seperti ini cukup kita cuci bersih kemudian kita bisa kupas.

Kita buang buku-bukunya hingga bersih, kemudian kita boleh potong sesuai yang kita mau kemudian bisa kita kunya dan kita telan. Sehari kita bisa konsumsi satu ruas atau satu jari kunyit kemudian kalau yang tidak suka dengan rasa kunyit jika dimakan mentah tentu bisa juga dengan merebus kunyit yang sudah diiris-iris. Ada juga cara penyajian lain dengan memakai kunyit yang kering. Kunyit yang kering itu juga bisa disajikan dengan cara direbus kemudian diminum airnya.

https://www.smaspeman99.com/2023/01/manfaat-kunyit-untuk-mengatasi-maag.html

Lalu ada juga kunyit yang bentuknya bubuk
Kalau kunyit yang bentuknya bubuk kita bisa konsumsi satu sendok teh. Kunyit bubuk dilarutkan dalam 1 gelas air panas, kemudian kita minum, kita bisa konsumsi 1-3 gelas sehari.

Lalu ada bentuk kunyit yang ekstrak
Biasanya ekstrak ini berupa kapsul, ini bisa dikonsumsi juga sekitar satu 1-3 kali sehari yang umumnya satu kapsulnya 500 mg dan maksimal kita bisa konsumsi antara 2-3 gr per hari.

Kemudian ada lagi yang bentuk suplemen kesehatan
Namanya kurkumin yang merupakan senyawa aktif dari pada kunyit yang produk seperti ini impor, belum ada di Indonesia. Sehingga memang kita bisa membeli dari toko suplemen kesehatan yang menjual suplemen impor, dosis bisa bervariasi tergantung produsennya. Tetapi rata-rata dosis yang bisa dikonsumsi itu sekitar 1-3 kapsul perhari, manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh memang cukup banyak.

Namun anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, hindari konsumsi kunyit secara berlebihan baik dalam bentuk segar maupun suplemen. Jika ingin mengonsumsi suplemen kunyit pilihlah suplemen yang sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanannya dan jangan lupa jika ingin mengonsumsi kunyit sebagai pendamping pengobatan penyakit tertentu sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter guna mencegah terjadinya interaksi obat atau munculnya efek samping. Dengan demikian manfaat kunyitpun bisa diperoleh secara maksimal. Semoga bermanfaat.