2 Cara Cari Kerja Secara Online di Website LinkedIn untuk Fresh Graduate

 https://www.smaspeman99.com/2023/02/2-cara-cari-kerja-secara-online-di.html

Berbeda dengan 15 tahun yang lalu, sekarang ini untuk mencari pekerjaan bagi fresh graduate sudah sangat mudah sekali. Sebab sudah ada banyak website lowongan kerja yang bisa diakses dengan mudah di perangkat HP atau desktop. Salah satunya adalah situs LinkedIn, lalu bagaimana cara cari kerja secara online di LinkedIn?

Cara cari kerja secara online di website LinkedIn sebenarnya sangat mudah sekali. Tidak hanya lulusan yang masih fresh graduate, tapi semua kalangan bisa cari pekerjaan yang cocok di website tersebut.

Lantas, bagaimana caranya? Nah, buat kamu yang penasaran dengan bagaimana cara cari kerja di LinkedIn, simak ulasannya sampai akhir. Karena kami akan berikan informasi cara cari kerja di website tersebut dengan dua langkah mudah.

Cara Cari Kerja Secara Online di Situs LinkedIn

Website LinkedIn merupakan salah satu situs yang siap membantu kamu untuk menemukan lowongan kerja yang relevan. Bahkan dapat juga disesuaikan dengan keahlian dan kualifikasi yang kamu miliki.

Buat kamu yang masih fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan, kamu bisa menggunakan kolom pencarian di bagian atas halaman utama LinkedIn. Atau juga bisa mengakses secara langsung halaman Pekerjaan untuk menelusuri dan melamar pekerjaan di beberapa perusahaan yang tersedia.

Di LinkedIn sudah menyediakan jutaan lowongan pekerjaan yang diposting setiap hari. Sehingga sangat penting sekali buat kamu untuk dapat menemukan posting pekerjaan yang cocok dengan ekspektasi dan ketentuan yang kamu miliki.

Akan tetapi, bila kamu adalah pengguna baru dan baru mengenal LinkedIn. Ada baiknya untuk baca cara menggunakan LinkedIn serta fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Dengan begitu, kamu bisa mencari dan menemukan banyak lowongan pekerjaan yang sesuai dengan harapan dan kredibilitas yang kamu miliki.

Tidak sampai disitu saja! Pastikan juga kamu membuat profil LinkedIn yang bagus, tampil beda, serta menampilkan keahlian dan kemampuan yang ada pada diri kamu.

Kalau sudah membuat profil yang sudah menjelaskan siapa diri kamu, dan semua hal terkait dengan keahlian yang kamu miliki. Maka langkah selanjutnya adalah mulai mencari pekerjaan di kolom pencarian yang sudah tersedia.

Ada dua cara untuk mencari pekerjaan secara online melalui website LinkedIn. Yakni di perangkat desktop dan perangkat HP yang kamu pakai setiap hari.

Bagaimana caranya? Ini dia beberapa langkah yang harus kamu simak baik-baik, antara lain:

Cari di Perangkat Desktop

● Klik ikon PEKERJAAN yang ada di bagian atas halaman utama LinkedIn. 
 
● Lalu klik bilah PENCARIAN pada bagian atas halaman kemudian cari berdasarkan kata kunci, posisi, keahlian, atau nama perusahaan. 
 
● Kamu dapat memilih dari peran pekerjaan yang disarankan LinkedIn berdasarkan kualifikasi dan pengalaman kamu. Jangan lupa untuk memperbarui profil LinkedIn dengan mencantumkan pengalaman dan pendidikan serta informasi lainnya.
 
● Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman hasil pencarian yang memuat daftar posting pekerjaan yang cocok dengan preferensi peran dan lokasi kamu.
 
● Pakai opsi filter yang ada pada bagian atas halaman hasil pencarian untuk memfilter hasil. 
 
● Klik posting pekerjaan kalau kamu mau melihat deskripsi pekerjaan dan melamar bila pekerjaan tersebut cocok dengan ketentuan.

Kamu juga harus tahu kalau ada dua jenis posting pekerjaan di LinkedIn, yakni:
 
● Melamar Mudah, fitur yang memudahkan kamu untuk melamar pekerjaan di LinkedIn.
 
● Lamar, yakni fitur dimana kamu akan diarahkan ke website perusahaan atau pihak ketiga tempat kamu melamar pekerjaan tersebut secara eksternal.

Cari di Perangkat HP

● Buka website LinkedIn di browser, lalu klik ikon PEKERJAAN.
 
● Ketik jenis pekerjaan di kolom CARI PEKERJAAN dan lokasi pekerjaan yang kamu ingin di kolom LOKASI.
 
● Lalu klik tombol CARI
 
● Pakai filter yang ada pada bagian atas hasil pencarian untuk mempersempit hasil.
 
● Klik POSTING PEKERJAAN kalau kamu mau melihat deskripsi pekerjaan dan melamar pekerjaan apabila pekerjaan tersebut sesuai dengan kriteria kamu.
 
● Untuk melamar pekerjaan melalui perangkat seluler, kamu klim MELAMAR MUDAH atau LAMAR di bagian atas posting pekerjaan dan ikuti instruksinya. 
 
● Terakhir klik SIMPAN untuk menyimpan posting pekerjaan.

Itu dia cara cari kerja secara online di website LinkedIn yang bisa kamu coba. Agar pencarian semakin mudah dan tidak makan waktu, kamu bisa unduh aplikasi LinkedIn secara GRATIS di layanan aplikasi yang ada pada smartphone kamu. Semoga bermanfaat!