3 Tips Cari Kerja Part Time yang Menguntungkan

https://www.smaspeman99.com/2023/02/3-tips-cari-kerja-part-time-yang.html

Belakangan banyak orang yang sedang cari cara untuk kerja part time. Sebab tidak dapat dipungkiri juga kalau sekarang ini tingkat kebutuhan jauh lebih banyak dibandingkan dengan pendapatan yang di dapat. 

Bila kamu adalah seseorang yang memiliki banyak waktu luang dan butuh penghasilan tambahan. Maka kamu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk cari informasi terkait pekerjaan paruh waktu. 

Meskipun kamu hanya seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga kerja part time ini justru punya banyak keuntungan yang menjanjikan.

Kamu tidak hanya bisa menghasilkan uang, tetapi kamu juga akan menambah wawasan dan meningkatkan skill. Bahkan, kamu juga bisa belajar menjadi pribadi yang lebih mandiri serta mampu mengatur waktu dengan lebih baik lagi.

Tips Mencari Part Time

Untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu tentu saja bukan jadi hal yang mudah sebab setidaknya kamu mempunyai tips dan trik yang tepat.

Dengan kata lain, sebelum kamu menentukan pekerjaan paruh waktu apa yang cocok dengan kemampuan yang kamu miliki. Sebaiknya kamu ikuti beberapa trik mencari kerja part time berikut ini. 

Alasannya pun cukup simple, yakni supaya kamu bisa mendapat pekerjaan yang terbaik dan terhindar dari penipuan yang marak terjadi. 

Lantas tips apa saja yang bisa diterapkan? 

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan untuk mencari kerja part time yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian kamu. Antara lain:

1. Mencari kerja part time lewat kenalan

Untuk mendapatkan pekerjaan ini, tentu ada banyak jalannya yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah dari kenalan. Hal tersebut jadi salah satu hal penting yang harus kamu pahami kalau menjalin relasi sebanyak-banyaknya adalah sesuatu yang harus kamu miliki. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan relasi. Salah satunya adalah dengan menyambung silaturahmi dengan banyak orang, baik itu teman baik di kampus, tetangga atau lingkungan yang lain.

Semakin banyak kamu memiliki relasi, maka semakin banyak pula kamu akan mendapatkan informasi dari berbagai pihak. Yang diantaranya adalah informasi tentang pekerjaan yang barangkali sesuai dengan kriteria kamu.

2. Sesuaikan dengan jadwal dan waktu

Sebaiknya dalam memilih pekerjaan paruh waktu harus disesuaikan dengan jadwal dan waktu yang kamu miliki. Mungkin banyak orang yang beranggapan kalau pekerjaan yang satu ini sangat menguntungkan. 

Akan tetapi, ada baiknya kalau tidak sampai melupakan kegiatan yang bersifat utama untuk kamu. Jadi, solusi yang harus kamu pahami dan lakukan adalah pilih jam kerja yang fleksibel sehingga tidak mengganggu pada kegiatan yang lain.

3. Cari lewat situs para pencari kerja

Cara tercepat dan paling gampang dilakukan yang terakhir adalah cari pekerjaan melalui situs yang khusus posting tentang lowongan pekerjaan. Kamu bisa lakukan dengan selalu update dan mengecek pada website lowongan kerja setiap waktu. 

Karena pada situs tersebut memang dikhususkan bagi orang atau perusahaan yang sedang membutuhkan pekerja.

Akan tetapi, kamu harus tetap waspada agar tidak terjebak dengan lowongan kerja yang bersifat menipu. Pastikan pekerjaan tersebut tidak memungut biaya. Sebab dalam mencari kerja kita yang akan dibayar, bukan malah kita yang mengeluarkan uang untuk sebuah pekerjaan.

Ada banyak website lowongan kerja yang resmi dan dijamin aman, diantaranya adalah:

● LinkedIn

● Jobstreet

● CakeResume

● Karir

● Glints

● Urbanhire

● Kalibrr

● Tech in Asia

● Glassdoor

Masih banyak lagi situs lowongan kerja part time yang dapat kamu temukan di internet. 

Bagaimana? Apa kamu tertarik mencari kerja part time?

Kalau kamu memang sudah yakin dengan keputusan untuk cari pekerjaan tambahan untuk mendapatkan penghasilan. Sebaiknya kamu benar-benar mempersiapkan diri, agar pekerjaan paruh waktu tersebut tidak mengganggu aktifitas utama. 

Selain itu, dengan melakukan pekerjaan paruh waktu kamu juga akan menemukan banyak pengalaman baru. Bahkan kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan teman baru yang pastinya dapat menambah relasi. 

Itu ulasan menarik terkait tips cari kerja part time yang bisa kamu coba lakukan. Usahakan untuk pandai dalam membagi waktu, agar pekerjaan yang kamu lakukan tidak mengganggu semua kegiatan yang sudah kamu rencanakan. Selalu cari pekerjaan di tempat yang aman dan mampu memberikan jaminan yang tepat.