5 Tips Menabung Dari Penghasilan yang Kecil Hingga Jadi Ketagihan

https://www.smaspeman99.com/2023/02/5-tips-menabung-dari-penghasilan-yang.html

Sharing tentang menabung

Jadi menabung itu bukan hanya untuk orang yang penghasilannya besar, tetapi untuk yang penghasilannya kecil juga bisa menabung. Kita bisa menabung, kuncinya adalah bagaimana cara kita mengelola keuangan.

Berikut beberapa tips untuk menabunga dari gaji yang kecil:

1. Mengatur keuangan dengan baik
Buat rencana pengeluaran setelah kita menerima gaji, kemudian sisihkan uang untuk tabungan di awal gajian agar kita konsisten untuk menabung.

2. Tidak harus menabung dengan nominal besar
Kita bisa kok mulai nabung dengan nominal kecil, anda bisa mulai menabung dengan nominal Rp500, Rp1.000 kemudian ditingkatkan jadi Rp 2000, Rp 5.000, Rp 10.000 hingga Rp 20.000, semuanya sesuaikan dengan kemampuan anda.

3. Lebih hemat
Anda akhirnya lebih hemat, yang mungkin sebelumnya lebih boros, lebih muda untuk jajan diluar, suka belanja, bisa pelan-pelan belajar untuk mengurangi hal-hal yang boros.
 
Jadi untuk berhemat juga salah satunya bisa di tempat kerja, mungkin dengan membawa bekal ke kantor ketika kerja. Kemudian memasak sendiri, itu juga salah satu cara untuk menghemat pengeluaran dalam rumah tangga.

4. Prioritaskan kebutuhan dari pada keinginan
Nah kita harus bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan, mana yang merupakan keinginan. Sebelum membeli sesuatu, anda harus tentukan dulu kira-kira beli barang tersebut karena butuh atau karena keinginan.

5. Menabung lebih menyenangkan
Menabung itu seru, jadi ketagihan, anda bisa menabung dengan metode seven challenge, misalnya anda bisa menabung dengan nominal yang kecil. Kemudian seven challenge uang Rp 2000, seven challenge uang Rp 5000, kemudian seven challenge uang Rp 10.000. Sehingga menabung dengan metode seven challenge tersebut membuat menabung menjadi lebih seru dan mengasyikkan serta juga lebih suka menabung dengan nominal kecil seperti ini.

Kenapa?

Karena menabung dengan nominal kecil seperti ini membuat kita lebih enjoy dan tidak ada beban dalam menabung. Beda halnya kalau kita menabung dengan nominal yang terlalu besar, itu akan membuat kita terbebani hingga akhirnya membuat kita untuk malas menabung.

Jadi untuk anda yang sebelumnya merasa susah untuk menabung atau sebelumnya merasa berat sekali untuk menabung, bisa mencoba tips tersebut. Selain itu anda juga bisa menabung dari sisa uang belanja, uang jajan anda, baik itu Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 3000 hingga Rp 2000 pun bisa anda tabung.  

Karena nominal yang kita tabung itu tidaklah penting, yang penting adalah keberkahannya dan juga kekonsistenan kita dalam menabung. Jadi mari mulai belajar menabung, yang penting adalah kita mulai dulu saja menabungnya. Karena kalau sudah dimulai pasti nanti anda bakal ketagihan. Semoga bermanfaat.