Baca: Pekerjaan Menjanjikan Tanpa Perlu Kuliah Dan Bergaji Besar

https://www.smaspeman99.com/2023/02/baca-pekerjaan-menjanjikan-tanpa-perlu.html

Pekerjaan yang bergaji besar tanpa perlu gelar sarjana, mungkin banyak diantara anda ada yang tidak melanjutkan studinya ke perkuliahan untuk mendapatkan gelar sarjana. Seringkali diremehkan orang sekitar bahwa anda tidak memiliki masa depan,  tidak memiliki relasi yang luas untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih tinggi. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa jenjang perguruan tinggi adalah wadah yang bagus untuk menunjang karirnya di masa depan. Apakah anda setuju dengan pendapat ini?

Anggapan seperti ini tidak selalu benar, karena untuk menunjang prospek kerja dan karir yang bagus di masa depan. Bergantung pada kemampuan hard skill dan soft skill yang dimiliki oleh masing-masing setiap orang dan tidak tergantung pada reward jenjang pendidikannya. Pekerjaan apa saja yang tidak perlu gelar sarjana namun begitu besar dan memiliki prospek karir yang menjanjikan di masa depan. Bagaimana penasaran kan?

Berikut beberapa Pekerjaan tersebut seperti:

1. Programmer

Programmer adalah suatu profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem di perangkat komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Anda yang memiliki skill menulis kode program atau seperti javascript, PHP dan sebagainya boleh sekali menekuni pekerjaan yang satu ini. Bahkan pekerjaan ini sangat dibutuhkan di Indonesia di era digitalisasi di masa depan. Sudah tahu gaji dari pekerjaan programmer ini, jadi seorang programer pemula saja itu berada di kisaran 4-5 juta rupiah perbulannya.

Sedangkan bagi yang sudah berpengalaman rata-rata gaji mereka bisa sampai 18 - 40 juta rupiah. Menurut anda tertarik jadi programer seperti takdir tidak perlu anda punya ijazah ataupun kuliah di kampus ternama. Yang penting anda sudah punya fortofolio dan Project bahwa anda pernah menyelesaikan pekerjaan programmer yang cukup bisa dibanggakan.

2. Pekerjaan blogger

Siapa di sini diantara anda yang suka sekali buat nulis, mungkin pekerjaan yang satu ini bisa menjadi solusi bagi anda yang sekedar ingin menyalurkan hobby sebagai pundi-pundi cuan. Blogger adalah pekerjaan yang bertugas mengelola blog, membagikan sebuah konten berupa tulisan yang didasari oleh perspektif nulis kepada audiens dengan tujuan untuk pribadi ataupun bisnis.

Hal-hal pada bloger sendiri telah diakuisisi oleh Google sama seperti YouTube content Creator, blog juga digaji oleh Google berdasarkan jumlah klik artikel oleh audience. Melihat beberapa iklan di blogger mereka, gaji seorang blogger bermacam-macam tergantung jumlah visitor blog nya. Untuk gaji seorang blogger pemula bisa sekitaran 1-3 juta per bulannya. Sedangkan untuk blogger profesional itu bisa berkisar di atas 10 juta bahkan hingga ratusan juta rupiah, keren bukan! Pokoknya pastiin saja anda sudah memulai sejak dini sehingga blogger anda sudah cukup berkembang di saat ini.

3. Pilot komersial

Siapa yang bilang bila pilot komersial harus memiliki gelar sarjana, justru salah sekali. Buat anda yang bercita-cita sebagai seorang pilot, syarat menjadi pilot komersial hanya memerlukan ijazah setingkat SMA saja. Jika anda tertarik ingin bekerja sebagai pilot komersial yang terpenting anda harus menguasai bahasa Inggris baik itu secara lisan maupun tulisan dan tentunya paham tentang penerbangan.

Pastinya anda harus melengkapi syarat kecakapan menjadi pilot dengan menyelesaikan pendidikan pilot terlebih dahulu. Gaji yang akan diterima oleh pilot komersial tentunya tidak kecil, untuk pemula saja anda bisa mendapatkan 180 - 240 juta pertahunnya. Adapun apabila sudah memiliki jam terbang yang tinggi bisa mencapai 600 juta rupiah. Tidak perlu itu ijazah yang penting karena ikut pelatihan sebagai pilotnya.

4. Marshaller atau tukang parkir

Biasanya kita sebel kalau datang tidak ada pas kita pulang tiba-tiba nongol.Jangan anggap enteng pekerjaan tukang parkir ini, karena ada juga tukang parkir yang digaji dengan nominal yang fantastis. Marshaller atau tukang parkir pesawat, profesi ini menjunjung tinggi keselamatan setiap penumpang yang ada di dalam pesawat. Jadi untuk itu diperlukan kecakapan serta kehati-hatian dalam mengarahkan pesawat menuju tempat parkir yang telah ditentukan dengan tepat di bandara.

Gaji yang diterima oleh marshaller di Indonesia dipatok sesuai dengan peraturan negara, itu pun juga setiap maskapai berbeda-beda dalam mematok nominal gajinya. Namun untuk diperkirakan gaji seorang tukang parkir ini bisa sekitar 5 - 7 juta per bulannya. Di luar negeri sendiri gaji marshaller jauh lebih fantastis dari pada marshaller yang ada di Indonesia yakni mencapai 500 juta hingga  1 miliar kira-kira anda tertarik jadi marshaller!

5. Menjadi translator

Translator atau penerjemah adalah suatu pekerjaan yang bertugas menerjemahkan berbagai macam objek untuk keperluan publik. Contohnya seperti buku, karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik dan film dari bahasa sumber ke bahasa sasaran dari penontonnya dibutuhkan kemampuan bahasa internasional yang baik tentunya.

Jika tertarik dengan pekerjaan ini bahasa diterjemahkan pun tidak hanya bahasa Inggris saja melainkan bahasa internasional lainnya cukup populer seperti Mandarin, Jepang dan masih banyak lainnya. Untuk bisa fasih berbahasa internasional tentunya anda harus mengikuti kursus-kursus bahasa yang ingin anda pelajari untuk menjadi translator atau penerjemah tidak harus anda memiliki ijazah lulusan dari sekolah sastra bahasa atau sekolah penerjemah.

Untuk soal gajinya translator ada yang sekedar freelance, ada juga yang sudah profesional. Untuk translator freelance gaji rata-rata berada di Kisaran 2-6 juta Rupiah per bulannya. Sedangkan translator profesional biasanya bisa digaji oleh perusahaan yang menaunginya sekitar 5 - 8 juta perbulan nya. Bagaimana sudah siap belajar bahasa internasional, belajar siapa tahu bisa jadi pekerjaan tambahan ketika anda sudah berkarir nanti.

6. Menjadi tour guide

Jadi tour guide atau pemandu wisata tidak selalu harus lulusan S1 pariwisata, tetapi bagi anda yang tidak melanjutkan ke tingkat kuliah. Yang satu ini bisa menjadi tour guide, bertugas untuk menjelaskan tentang objek wisata, ada wisatawan secara rinci dan dapat dipahami tour guide dituntut untuk bisa fasih berbahasa Inggris.

Seorang tour guide sendiri itu bisa mencapai 15 juta per bulannya, tergantung objek wisatanya yang dituju oleh wisatawan dan berapa banyak Project yang dia pegang selama satu bulan pekerjaan. Ini sangat cocok bagi anda yang suka jalan-jalan, hambel dan memahami setiap sejarah dari tempat wisata. Bisa dibilang happy juga pekerjaan terget ini anda bisa jalan-jalan terus digaji besar juga.

7. Foto grafer

Pekerjaan yang satu ini mungkin tidak asing lagi ditelinga kita. Siapa yang tidaktahu fotografer. Orang yang suka jeprat-jepret kamera pas lagi acara pernikahan atau fotoshoot gitu. Diantaranya ada fotografer produk, fotografer fashion, fotografer event dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi seorang fotografer anda tidak harus kuliah kok, asalkan anda mau belajar pasti bisa untuk membuat jasa fotografer freelance atau dan juga pernikahan. Sebuah perusahaan fotografer rata-rata gaji untuk seorang fotografer yang freelance bisa mencapai 5 juta rupiah dan untuk yang terikat dengan puluhan fotografer gajinya sekitar 2-9 juta rupiah perbulannya. Yang hobinya fotoin temen yang estetik bolehlah dicoba-coba.

8. Pekerjaan teknisi jaringan listrik

Anda pasti suka mengeluh kan karena sinyal yang lelet gara-gara mati listrik? Tapi tenang saja jika ada kendala mati listrik itu adalah tugas dari teknisi listrik. Jadi teknisi listrik bertanggung jawab dalam pekerjaan yang berkaitan dengan instalasi listrik, bangunan jalur transmisi tenaga listrik, mesin stasioner dan peralatan listrik lainnya.

Mungkin dengan anak-anak SMK jurusan kelistrikan pasti paham betul tentang lingkup ini. Nah itu mungkin bisa anda manfaatin untuk membuka usaha jasa ataupun kerja di perusahaan kristikan. Misalnya seperti PLN karena gaji dari seorang teknisi listrik juga tidak main-main loh. Diperkirakan gaji insalasi listrik rata-rata perbulannya mencapai 2-10 juta rupiah tergantung dari beberapa Project yang di pegang.

Kalau anda bisa megang Project besar dengan kalender yang cukup lumayan gede seperti pemasangan instalasi listrik perumahan satu wilayah pasti kayak sekali gajinya bakalan besar sudah pokoknya. Coba anda tekuni buat anda yang suka kerjaan dibidang kelistrikan ini, walaupun anda sendiri belum ada kesempatan untuk kuliah bisa sekali dicoba.

9. Pekerjaan akuntan

Profesi akuntan khususnya dibidang perbankan tidak semuanya harus lulusan S1 akuntansi. Contoh seperti seorang teman yang bekerja di Bank BCA menerima lulusan SMA sederajat. Untuk menggeluti profesi akuntan Bank BCA, membuka program pendidikan akuntansi yang dikhususkan untuk lulusan SMA.

Ngajar akuntan bertugas untuk menyusun sistem akuntansi dan laporan akuntansi untuk para nasabah bank tersebut. Rata-rata gaji seorang akuntan di Indonesia bisa mencapai 6-8 juta Rupiah per bulannya. Walaupun anda masih ada di jenjang lulusan SMK akuntansi kalau anda sudah punya gelar sarjananya akan mengikuti lebih tinggi lagi gajinya.

10. Pekerjaan menjadi Welder atau tukang las

Kebanyakan orang seringkali meremehkan pekerjaan yang satu ini, ada yang bilang pekerjaannya kotorlah, kasarlah, perspektif negatif lainnya lah, pokoknya banyak sekali. Padahal pekerjaan Welder atau tukang las adalah salah satu pekerjaan yang memiliki gaji cukup besar. Seorang Welder atau tukang las biasanya akan menerima gaji sekitar  4-10 juta per bulannya.

Namun gaji ini juga dapat bertambah jika ada lembur atau over time bahkan Welder atau tukang las di luar digaji hingga 20 juta perbulan nya. Jadi banyak sekali kan, lumayanlah, walaupun kerjanya kotor yang penting duitnya banyak tidak harus kan yang selalu berseragam dan rapi-rapi gitu.

Jadi itulah pekerjaan yang bergaji besar tanpa harus memiliki gelar sarjana, siapapun anda yang ingin meraih kesuksesan di masa depan dan membanggakan orang tua jangan pernah minder dengan pendidikannya. Karena sejatinya yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan itu adalah skill dan kompetensi yang mumpuni. Semoga bermanfaat.