Berapa Jumlah Kata Minimal untuk Artikel Seo

https://www.smaspeman99.com/2023/02/berapa-jumlah-kata-minimal-untuk.html

Berapa Jumlah Kata Minimal untuk Artikel Seo - Membuat artikel SEO adalah sesuatu yang menantang. Selain harus bisa memberikan nilai kepada pembaca, ada banyak faktor yang harus diperhatikan untuk mencapai peringkat tertinggi di SERP. Salah satu hal terpenting yang tidak bisa diabaikan oleh Anda adalah jumlah kata artikel SEO. Meski tidak termasuk dalam faktor utama, jumlah kata secara langsung akan dapat mendorong peningkatan faktor utama yang lainnya juga.

Faktor yang Berpengaruh Pada Jumlah Kata Artikel Seo

Jumlah kata Artikel Seo harus bisa disesuaikan dengan beberapa faktor yang berbeda. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan berapa banyak kata yang tepat untuk membuat konten di situs web.

Berikut adalah beberapa faktor penting untuk dipertimbangkan saat menulis:

Minimal 300 Kata
Jumlah minimum dari artikel SEO adalah 300 kata. Ini adalah jumlah kata minimum untuk memberikan informasi yang cukup kepada para pengunjung. Beberapa plugin SEO di WordPress seperti YOAST dan AIOSEO juga telah merekomendasikan angka tersebut. Pada dasarnya sebuah artikel dibuat untuk memberikan nilai bagi pembaca. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa artikel yang lebih pendek dari 300 kata biasanya tidak cukup untuk menjawab pertanyaan pembaca.

Maksimal 2000 Kata
Jumlah kata untuk artikel SEO yang efektif yaitu tidak boleh lebih dari 2.000 kata. Hal ini dimaksudkan agar pembahasan tetap relevan dan tidak keluar dari topik utama. Pertimbangan lainnya, artikel yang terlalu panjang dan bertele-tele akan mengakibatkan pembaca menjadi bosan.

Sesuai Jenis Konten
Jenis konten akan sangat berpengaruh pada jumlah kata yang akan Anda tulis pada nantinya. Artikel tutorial atau artikel pendalaman, misalnya, membutuhkan substansi yang lebih karena kerumitan pembahasannya. Sebaliknya, jika Anda menulis artikel yang tidak terlalu rumit, 500 kata mungkin adalah angka yang tepat. Semuanya hal ini berasal pada dua hal utama, yaitu menjawab pertanyaan pembaca sebaik mungkin dan memberikan sesuatu yang bernilai bagi pembaca.

Berapa Jumlah Kata Minimal untuk Artikel Seo yang Perlu Anda Ketahui?

Cara Hitung Jumlah Artikel dengan Keyword
Untuk bisa menghitung jumlah kata dalam artikel yang memiliki kata kunci dapat dilakukan secara online maupun offline. Anda juga bisa menggunakan salah satunya atau bahkan keduanya.

Secara Online
Untuk cara menghitung kata secara online, Anda bisa menggunakan Wordcounter. WordCounter adalah aplikasi yang dibuat untuk menentukan berapa banyak kata dalam postingan yang dibuat. Dapat di lihat apakah artikel tersebut memiliki jumlah kata yang terlalu pendek atau terlalu panjang. 

Wordcounter memiliki kepadatan kata kunci yang tentunya akan sangat membantu Anda untuk menentukan judul terbaik untuk artikel yang Anda buat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika Anda tidak pandai mencari judul dari postingan yang Anda buat pada sebelumnya.

Offline
Anda bisa memanfaatkan Microsoft Office Word yang ada di laptop/PC Anda untuk menghitung jumlah kata dengan mudah. Dengan Office Word kita dapat menentukan jumlah kata pada setiap artikel. Namun, lebih baik menggunakan aplikasi online seperti wordcounter atau wordcounttools dari pada Office Word. Hal ini terkait dengan kepadatan kata kunci dalam artikel yang ditulis. 

Jadi, jika ditanya ada berapa kata dalam setiap artikel SEO, jawabannya tidak terlalu pendek atau kurang dari 300 kata dan tidak terlalu panjang juga. Rata-rata bisa di atas 400 kata dan kurang dari 700 kata. Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi penghitung angka serta kepadatan kata kunci.

Berapa Jumlah Kata Artikel SEO yang Efektif?
Jawaban sederhana untuk berapa jumlah kata yang ideal untuk artikel SEO bergantung pada banyak faktor. Ada banyak faktor yang lebih penting untuk dipertimbangkan saat menulis SEO dari pada jumlah kata. Namun 300 hingga 1.500 kata adalah angka yang ideal untuk dapat memberikan informasi yang berkualitas. Misalnya, jika Anda dapat menyampaikan informasi dalam 1000 kata.

Anda tidak perlu bertele-tele atau berhubungan dengan topik yang tidak relevan untuk memenuhi jumlah kata target pada Artikel Seo Anda. Pada akhirnya, ini semua tentang nilai yang Anda berikan, dan mengisi artikel dengan hal-hal yang tidak relevan akan mengurangi pengalaman pengguna.