Cara Bikin Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Mudah Dipanggil Kerja

 https://www.smaspeman99.com/2023/02/cara-bikin-surat-lamaran-kerja-yang.html

Sampai dengan saat ini masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara bikin surat lamaran kerja yang baik dan benar. Walau terlihat mudah, namun ternyata memang untuk membuat surat lamaran kerja tidak semudah yang kita bayangkan selama ini.

Lantas, bagaimana cara bikin surat lamaran kerja yang terlihat baik dan benar agar cepat dipanggil untuk proses selanjutnya?

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara yang tepat untuk membuat surat lamaran kerja supaya cepat dipanggil perusahaan yang dituju. Yuk, simak ulasan menarik di bawah ini sampai akhir. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat surat lamaran kerja.

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut ini ada beberapa cara bikin surat lamaran kerja yang baik dan benar, dan yang pastinya bisa kamu coba terapkan sendiri. Antara lain:

● Langkah pertama adalah menyiapkan kertas folio bergaris yang masih bersih dan rapi. Setelah itu, siapkan juga bolpoin warna hitam.

● Selanjutnya mulai membuat tulisan contoh surat lamaran kerja sebelum membuat yang akan dikirim. Kamu bisa berlatih terlebih dahulu agar tidak salah dan tidak harus repot menghapus tulisan yang salah.

● Kalau sudah yakin dan tidak ada kesalahan, sekarang waktunya untuk menulis suratnya. Jangan lupa untuk menuliskan kalimat sapaan sebelum membuka isi suratnya.
 
● Kamu bisa menulis perkenalan diri secara singkat, kemudian jelaskan latar belakang pendidikan dan referensi kerja jika ada.

● Tulis juga kemampuan diri kamu secara singkat dan sebutkan posisi yang akan dilamar di perusahaan tersebut.

●Tulis juga lampiran di dalam suratnya

● Kalau sudah siap jangan lupa menulis kalimat penutup yang baik dan harapan supaya kamu bisa bergabung di perusahaan tersebut.

● Kemudian tulis salam, nama lengkap dan tanda tangan kamu.

● Koreksi kembali hasil tulisan dan pastikan sudah tidak ada  yang keliru. Apabila masih menemukan penulisan yang keliru, sebaiknya kamu membuat baru di kertas lain.

Langkah-langkah menulis surat lamaran kerja di atas tidak hanya bisa ditulis tangan. Tapi juga bisa digunakan untuk menulis surat lamaran kerja melalui email atau dalam bentuk dokumen. Hal tersebut bisa terjadi karena  media membuat surat lamaran kerja saat ini sudah ada banyak medianya, tetapi tata bahasa, pola kalimat, dan urutannya harus tetap sama.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ada beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu contoh antara lain:

1. Untuk Umum
Jakarta, 12 Februari 2022
Hal: Lamaran Pekerjaan
Yth. Pimpinan PT. Jangan Menyerah
Jl. Medan Merdeka no 23, Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja yang saya lihat pada sosial media LinkedIn pada 21 Januari 2022, yang dimana menunjukkan jika saat ini perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di perusahaan yang Bapak/ Ibu Pimpin.

Bersama ini saya sampaikan biodata diri :

Nama : Jenny Blackpink
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 3 Juni 1990
Pendidikan terakhir : S1- Ekonomi
Alamat : Jl. KH. Moh Junaedi 123456

Untuk bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut :

● Daftar Riwayat Hidup/ CV

● Resume Kerja

● Fotocopy Ijazah Terakhir

● Fotocopy Transkrip Nilai

● Fotocopy Bahasa Inggris

● Fotocopy KTP

● Pas Foto 4×6

● Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Ttd.

Jenny Blackpink

2. Untuk Bank
Jakarta, 13 Juni 2021
Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Pimpinan
Bank Juned
Cabang Kab. Jakarta

Jl. Nangka Wangi no. 06, Jeruk Mandarin

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di Bank Juned yang terpasang pada website lowongan kerja Jobstreet, tanggal 1 Maret 2021 maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di perusahaan yang Bapak/ Ibu Pimpin.

Biodata diri saya :

Nama : Suketi
Tempat, tanggal lahir : Medan, 20 April 1993
Pendidikan : S1- Manajemen
Alamat : Jl. Rambutan no. 23, Klaten

Sebagai bahan pertimbangan, maka saya lampirkan beberapa dokumen terbaru sebagai bahan pertimbangan :

● Daftar Riwayat Hidup/ CV

● Resume Kerja

● Fotocopy Ijazah Terakhir

● Fotocopy Transkrip Nilai

● Fotocopy Bahasa Inggris

● Fotocopy KTP

● Pas Foto 4×6

● Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd.

Suketi

Itu dia beberapa contoh dan cara bikin surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ikuti langkah-langkahnya dengan benar seperti yang ada di contoh maka kamu bisa dipanggil oleh perusahaan dengan cepat.