Lowongan Kerja yang Cocok untuk Lulusan SMA, Ada 5 Pekerjaan yang Cocok!

  https://www.smaspeman99.com/2023/02/lowongan-kerja-yang-cocok-untuk-lulusan.html

Siapa bilang kalau lulusan SMA tidak bisa ikut terjun ke dunia kerja? Buktinya, ada beberapa lowongan kerja yang cocok untuk lulusan SMA.

Tidak hanya ada satu lowongan kerja untuk lulusan SMA, tapi ada 5 lowongan pekerjaan yang bisa dilakoni oleh lulusan SMA. Bahkan diantaranya bisa dilakukan sambil kuliah.

Penasaran, Kira-kira lowongan pekerjaan apa saja yang cocok untuk anak SMA? Daripada penasaran, mending langsung saja yuk simak ulasannya sampai akhir!

Lowongan Kerja yang Cocok untuk Lulusan SMA

Berikut adalah beberapa lowongan kerja yang cocok untuk kamu, yang lulusan SMA. Jangan minder dulu, karena beberapa diantaranya pekerjaan yang kami rekomendasikan bisa dikerjakan sambil kuliah.

Apa saja?

Ini dia daftar lowongan kerja yang cocok untuk kamu lulusan SMA, antara lain:

Sales Marketing

Lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA yang pertama adalah sebagai tenaga pemasar produk atau biasa disebut dengan sales marketing.

Jangan malu untuk memilih pekerjaan ini, meskipun job desc kamu tampak sulit. Kalau dikerjakan dengan penuh semangat dan rasa penasaran yang lebih, maka pekerjaan tersebut bisa jadi tempat yang cocok.

Apalagi saat ini lowongan kerja sebagai sales marketing sudah ada banyak sekali perusahaan yang menerima calon karyawannya yang hanya lulusan SMA. Bahkan memang sengaja buka lowongan untuk lulusan SMA.

Bekerja sebagai sales marketing, itu artinya kamu harus punya passion yang kuat. Karena bila kamu berhasil mencapai target, perusahaan tidak segan untuk memberikan bonus yang nominalnya bisa lebih dari salary yang kamu dapatkan.

Bahkan, kamu juga berkesempatan meniti jenjang karir yang lebih cepat tanpa harus khawatir dengan pendidikan terakhir yang kamu miliki. Menariknya lagi, kamu bisa bekerja sambil kuliah di jurusan yang benar-benar kamu inginkan.

Input Data

Selanjutnya adalah menjadi seorang yang menginput data perusahaan ke komputer. Tidak harus memiliki keahlian yang khusus, hanya saja pada posisi ini kamu harus paham dan mengerti untuk mengoperasikan komputer.

Selain itu kamu juga disarankan untuk paham dengan semua software yang ada di komputer, misalnya seperti Ms. Office. Kalau sudah mengerti dengan semuanya, kamu memiliki tugas utama, yakni memasukkan data ke dalam sistem perusahaan dengan teliti agar tidak salah memasukkan data karena bisa fatal akibatnya.

Agar data yang dimasukkan tidak salah, kamu bisa mengisi waktu luang saat tidak bekerja dengan kuliah. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencari ilmu karena sibuk kerja. Karena bagaimana juga pendidikan sangat penting, dengan ilmu yang kamu dapat selama kuliah bisa membantu kamu bekerja secara maksimal.

Pramugari/Pramugara

Siapa bilang kalau mau jadi pramugari atau pramugara harus sekolah di sekolah khusus? Buktinya, di perusahaan penerbangan dan PT. KAI membuka lowongan untuk lulusan SMA atau SMK.

Bahkan lowongan kerja tersebut lebih banyak diisi oleh pelamar yang hanya lulusan SMA dan SMK. Karena salary yang didapat tergolong besar dan banyak pengalaman yang bisa didapatkan. Bahkan kamu juga bisa ikut pendidikan selama bekerja jadi pramugari atau pramugara, karena memang ada beberapa posisi yang mengharuskan kamu melanjutkan kuliah.

Kalau kamu berminat melamar jadi pramugari atau pramugara di PT KAI dan berhasil masuk sebagai train attendant maka kamu bisa berkesempatan mendapatkan gaji yang besar, jenjang karir yang menjanjikan, sampai dengan status karyawan BUMN.

Anak Buah Kapal

Lowongan kerja yang cocok untuk lulusan SMA terakhir adalah pekerjaan yang punya pengalaman seru namun juga berisiko tinggi, yakni sebagai ABK atau anak buah kapal.

Resiko yang dimaksud disini adalah kemungkinan besar kamu tidak bisa pulang ke rumah sampai dengan jangka waktu yang lama atau berbulan-bulan. Tapi, dengan menjadi ABK kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan gaji yang tinggi.

Bahkan kamu bisa pergi ke banyak tempat yang ada di berbagai negara. Selain dengan mencari pekerjaan yang peluang gaji didapatkan besar, kamu juga bisa sambil belajar hal-hal menarik selama berada di atas kapal bersama teman-teman sejawat yang ikut bekerja.

Itu dia empat jenis pekerjaan yang bisa kamu coba lamar walau hanya lulusan SMA. Jangan putus asa untuk mencoba hal-hal yang baru, belajar untuk mandiri untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Dan yang pasti dengan adanya lowongan kerja yang cocok untuk lulusan SMA di atas, selain kamu bisa menambah wawasan kamu juga membantu serta membanggakan orang tua.