Rival Indomaret, Ternyata ini Kisaran Gaji Kerja di Alfamart

 https://www.smaspeman99.com/2023/02/rival-indomaret-ternyata-ini-kisaran.html

Akhir-akhir ini, bekerja di sebuah ritel modern seperti Indomaret dan juga Alfamart memang banyak diminati, utamanya oleh lulusan SMA/SMK. Keduanya memang sudah lumayan terkenal sebagai rival dalam bisnis minimarket. Bahkan yang lebih menarik lagi, keduanya juga bersaing dalam masalah pemberian gaji kerja di Alfamart atau Indomaret.

Sebab tidak hanya upah UMK saja yang akan diberikan namun terdapat bermacam tunjangan yang akan diterima. Jadi menjadi pegawai Alfamart bisa kamu coba bagi yang masih baru lulus sekolah, baik SMA maupun lulusan lainnya.

Pantas, bagaimana dengan rincian gaji kerja di Alfamart? Lalu, bagaimana cara untuk melamar kerja di minimarket dengan simbol lebah tersebut? Nah, buat kamu yang penasaran dengan ulasannya, simak artikel ini sampai akhir yah!

Rincian Gaji Kerja di Alfamart

Gaji kerjadi Alfamart dapat mencapai jutaan rupiah, bahkan melebihi UMK dari daerah tersebut. Hal itu dikarenakan bukan hanya gaji pokok saja yang diberikan, namun masih ada tunjangan lainnya yang disediakan oleh perusahaan. 

Apa saja gaji yang diterima oleh pegawai yang kerja di Alfamart? Ini dia daftarnya, antara lain:

1. Gaji Kerja Popok dan Lembur
Untuk gaji pokok kisarannya adalah Rp 1.900.000 atau tergantung dari UMK tempat di mana Alfamart tersebut berdiri. Selain gaji pokok terdapat juga gaji lembur. 

Dimana gaji lembur ini adalah gaji yang di dapat dari tambahan waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Untuk lemburan ini biasanya sudah terdapat kesepakatan dengan atasan sebelumnya. 

Untuk lembur di hari kereja, nantinya pegawai akan menerima 1,5 kali dari upah tiap jam. Untuk jam selanjutnya baru dibayar sebesra 2 kali dari gaji perjamnya. Behitu pula dengan lembur yang dilakuakn di hari weekend juga akan dihitung sesuai dengan aturan yang berlaku.

2.  Uang Tunjangan
Selain gaji pokok dan uang lembur, nantinya akan terdapat pula uang tunjangan karyawan. Untuk uang tunjangan ini dapat berupa tunjangan hari libur, lembur, tunjangan kesehatan, ketenagakerjaan dan tunjangan lainnya.

Untuk pegawainya sendiri sudah memiliki jobdesk masing-masing sesuai dengan jabatannya. Untuk seorang kasir bertugas selain melayani pembayaran juga bertugas untuk memeriksa persedian stok toko, menata produk dan juga melakukan promosi penjualan.

Jadi bukan hanya bertugas di meja kasir saja, namun juga melakukan kerja secara bersama, karena bekerja dengan team. Jadi jika melihat tim lainnya repot maka berkewajiban membantu tanpa mengabaikan jobdesk utamanya.

Bagi lulusan baru yang belum pernah bekerja, menjadi crew dari Alfamart ini bisa menjadi pilihan untuk dicoba. Selain penawaran gaji kerja yang menjanjikan juga dapat menjadi latihan bekerja agar secara tim. Dengan demikian kemapuan skill dan bersosialisa juga menjadi semakin meningkat.

Cara Melamar Kerja di Alfamart

Buat kamu yang ingin bergabung dan menjadi pegawai Alfamart, berikut ini adalah cara melamar kerja di Alfamart. Hal pertama yang kamu butuhkan adalah menyiapkan dokumen penting yang akan dikirim atau di scanner dan dijadikan softfile. 

Adapun dokumen yang dibutuhkan adalah:

● Copy e-KTP

● Copy Ijazah atau transkrip nilai

● Surat Lamaran Pekerjaan.

● CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup

● Pas foto 3x4 dan 4x6 masing-masing 3 lembar

● Copy SKCK

● Copy kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja

● Surat keterangan sehat dari dokter

Kalau sudah lengkap, maka kamu bisa melamar kerja di Alfamart secara online, begini caranya:

● Pertama buka website Recruitment Alfamartku, kemudian isi semua data yang sudah tersedia.

● Kemudian klik Submit kalau sudah mengisi form untuk penyimpanan data.

● Setelah itu isi riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang pernah kamu lakoni. 

Atau kalau kamu lebih tertarik untuk melamar secara langsung, kamu bisa langsung mengunjungi gerai Alfamart terdekat di sekitar rumah. Kamu hanya perlu menaruh berkas lamaran yang sudah disiapkan dan menunggu pihak kantor Alfamart menghubungi kamu. 

Itu dia rincian gaji kerja di Alfamart dan cara melamar kerja di sana yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Semoga dengan ulasan yang sudah kami berikan di atas bermanfaat, tidak hanya untuk kamu tapi juga orang-orang yang ada di sekitar kamu!