Tips Cari Kerja di Jobstreet Agar Mudah Diterima dan Cepat Dipanggil

https://www.smaspeman99.com/2023/02/tips-cari-kerja-di-jobstreet-agar-mudah.html

Sekarang ini sudah ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari kerja agar cepat dipanggil. Salah satunya adalah melamar pekerjaan di situs lowongan kerja online Jobstreet. Tapi, kamu harus tahu tips cari kerja di Jobstreet agar mudah diterima dan dipanggil.

Karena kalau kamu tidak tahu tips cari kerja di Jobstreet dengan benar, kemungkinan untuk dipanggil atau diterima bisa makan waktu yang lumayan lama. Agar hal tersebut tidak terjadi, penting sekali buat kamu simak ulasannya dibawah ini!

Tips Cari Kerja di Jobstreet

Seperti yang kita tahu kalau Jobstreet menjadi salah satu perusahaan milik Malaysia yang menyediakan ragam informasi lowongan kerja populer di Asia. Dimana mereka akan menjadi jembatan antara member atau penggunanya dengan berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai perusahaan.

Sampai dengan saat ini JobStreet sudah menghubungkan para pencari kerja dan perusahaan di wilayah Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia, sampai dengan Vietnam.

Saat kamu melamar melalui situs JobStreet.com, baik profil JobStreet dan resume yang diunggah apabila ada akan langsung terkirim ke perusahaan yang terkoneksi dengan Jobstreet.

Nantinya perusahaan akan menghubungi kamu secara langsung apabila kamu terpilih untuk kemudian diwawancara. Oleh karena itu kamu harus memiliki persiapan yang matang saat menerima panggilan telepon, email, dan permintaan wawancara dari perusahaan.

Sebelum kamu cukup yakin melamar pekerjaan di situs Jobstreet, maka kamu harus pastikan kalau profil kamu yang dibuat sudah lengkap dan siap untuk melamar pekerjaan.

Cara Melamar Pekerjaan di JobStreet.com

Dikutip langsung dari laman JobStreet, berikut adalah tips cari kerja di Jobstreet agar kamu cepat mendapatkan panggilan, antara lain:

● Pastikan kalau kamu sudah memiliki akun di situs JobStreet

● Kemudian untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu di kolom "Nama Posisi" untuk melihat iklan pekerjaan di jendela pop-up. Jangan lupa untuk mematikan pop-up blocker di browser kamu.

● Selanjutnya klik tombol "Apply Now" yang ada di bagian bawah iklan lowongan pekerjaan untuk mengirimkan aplikasi lamaran.

● Profil JobStreet atau Resume Diunggah yang sudah kamu buat selanjutnya akan langsung dikirim ke perusahaan untuk diproses. Langkah terakhir kamu bisa melakukan pendekatan langsung kepada perusahaan kalau kamu ingin tahu kelanjutan aplikasi lamaran kamu.

Cara Mempromosikan Diri di JobStreet

Dilansir dari laman yang sama yakni JobStreet, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menulis data diri dan kemampuan yang dikuasai guna mempromosikan profil kamu. Apa saja? 

1. Menulis dengan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Tips yang pertama adalah tulisan dibuat dengan penggunaan tata bahasa yang baik baik itu dalam hal tanda baca dan huruf kapital yang tepat. Termasuk dengan susunan kalimat yang baik dan kohesif yang mana nantinya akan dipakai untuk mencerminkan karakter dan tingkat intelektual kamu.

Menariknya lagi, kalau kamu bisa mempromosikan diri kamu dalam bahasa Inggris. Itu akan jadi nilai tambah bila kamu dapat menuliskannya ke dalam Bahasa Inggris dan pastinya dengan gramatika yang benar.

2. Memastikan Kemampuan Sesuai dengan Posisi yang Dilamar
Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah memastikan kemampuan kamu sesuai dengan posisi yang ingin dilamar. Karena recruiter pastinya ingin mendapatkan kandidat yang mempunyai pengalaman dan skill sesuai posisi yang dibuka. Jadi sebaiknya kamu menjelaskan keahlian dan pengalaman bekerja dengan kalimat singkat. Misalnya:

“Mampu menguasai videografi. Mampu mengoperasikan Adobe Premiere. Pengalaman Kameramen di ANTV selama 10 tahun. Dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan.”

Kalau kamu adalah seorang fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman kerja, kamu tetap harus menjelaskan kemampuan yang dikuasai walaupun itu adalah kemampuan yang kecil atau umum dimiliki orang.

3. Menghindari Kalimat Umum
Kalau kamu ingin lamaran diterima maka kamu harus menghindari kalimat penutup yang umum, misalnya “Besar harapan saya dapat diterima”, atau “Saya akan bekerja keras untuk kemajuan perusahaan”.

Karena pada faktanya, HRD yang sudah berpengalaman akan bosan dengan kalimat-kalimat klise semacam itu. Bahkan hal-hal sepele tersebut tidak akan mendapat penilaian dan dianggap terlalu biasa.

Oleh karena itu hal pertama yang akan dilihat oleh recruiter adalah keahlian dan pengalaman. Kerja keras yang akan kamu lakukan hanya akan dinilai saat sudah mulai bekerja.

Bagaimana, apakah kamu sudah paham dengan tips cari kerja di Jobstreet yang sudah kami jabarkan di atas? Semoga ulasannya bermanfaat yah!