10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Penyebab Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit

https://www.smaspeman99.com/2023/03/10-fakta-unik-dan-menarik-tentang.html

Mungkin beberapa dari anda banyak yang mengalami sulit buang air besar atau sembelit. atau mungkin ketika teman anda ke toilet, lama sekali. Sampai 1 jam atau mungkin juga ada yang kalau buang air besar harus mengejan, sampai urat di leher keluar semua. Disini ingin membahas faktor-faktor atau penyebab yang mempengaruhi mengapa anda sulit untuk buang air besar.

Berikut salah satu faktor  yang menghalangi anda, yakni:

1. Pola makan yang buruk
Mungkin, setiap hari anda hanya mengkonsumsi makanan-makanan yang buruk. Mengapa di katakan bergitu? Mungkin anda hanya makan makanan olahan, karbohidrat olahan, lemak yang tidak baik, mungkin hanya gorengan. Tanpa diimbangi dengan kebutuhan serat yang cukup setiap harinya. Hal ini akan mengganggu sistem pencernaan, terutama usus besar anda.

Sebenarnya, usus besar kita mempunyai gerakan peristaltik. Bila anda masih ingat dengan pelajaran Biologi dulu, usus kita itu bergerak. Namanya gerakan peristalitik. Disaat makanan tidak mendukung, maka gerakan peristaltik akan terhambat. Untuk itu, ubahlah pola makan anda.

2. Tingkat stress
Jadi, jumlah stress atau tingkat stress yang berlebihan bisa mempengaruhi hormon dan neurotransmitter di dalam tubuh anda. Maka akhirnya, akan berdampak langsung pada kontraksi otot di dalam tubuh anda.

Jadi, untuk mereka yang stress berkepanjangan, kebanyakan dari mereka yang ada justru diare, atau ada yang susah buang air besar. Sehingga, hal ini akan menganggu sistem pencernaan di dalam tubuh. Jadi untuk anda yang mempunyai tingkat stress berlebih, cobalah kontrol tingkat stress anda dan carilah solusi dari masalah anda.

3. Kurangnya aktivitas fisik atau olahraga
Olahraga bisa memperkuat otot-otot anda, termasuk otot di dalam saluran pencernaan anda. Bila otot anda kuat dan bisa berkontraksi dengan baik, otomatis anda tidak akan mengalami kesulitan dalam hal buang air besar.

4. Mungkin anda mengkonsumsi jenis-jenis obat tertentu
Disini kita akan membahas beberapa obat yang bisa menyebabkan anda mengalami sembelit. Diantaranya seperti anti depresan, atau obat anti depresi, lalu antasida, bagi anda yang sering sakit maag, anda pasti sering mengkonsumsinya. 

Antasida juga bisa membuat anda menjadi sembelit, kemudian suplemen kalsium dan zat besi, lalu anti konvulsan, yaitu obat anti kejang. Kemudian narkotika dan diuretik, obat-obatan ini bisa membuat gerakan peristaltik usus anda melambat serta menyebabkan sembelit.

5. Ketidak seimbangan flora di dalam usus
Flora disini dapat dikatakan sebagai bakteri baik atau probiotik, mungkin anda sudah tahu. Jadi, mengapa bisa terjadi ketidak seimbangan? 

Mungkin di sebabkan makanan anda kurang serat, dimana serat disini yaitu prebiotik. Jadi prebiotik adalah makanan alami nabati untuk bakteri baik atau flora normal di dalam usus anda. Jadi dengan anda mengkonsumsi cukup serat, maka bakteri baik atau flora normal di dalam tubuh anda akan tercukupi. 

6. Masalah tiroid atau hormonal
Menopause, PMS, diabetes, kemudian kelainan tiroid seperti hipotiroid, ini semua bisa menyebabkan atau berperan dalam hal konstipasi atau sembelit. Penyakit lain yang mungkin menyebabkan sembelit yaitu seperti cedera tulang belakang atau masalah neurologis yang mempengaruhi sistem syaraf pada pencernaan anda.

7. Kekurangan magnesium
Magnesium merupakan elektrolit atau mineral yang dapat membantu fungsi otot normal. 

Jadi, kekurangan magnesium dapat menyebabkan ketegangan otot dan dapat memperburuk gejala stress emosional. Jadi, kekurangan magnesium juga dapat berdampak, baik secara tidak langsung maupun langsung terhadap konstipasi anda.

8. Faktor kamar mandi
Jadi, untuk anda yang sudah terbiasa di kamar mandi anda sendiri, tiba-tiba anda melakukan perjalanan, misalnya ke luar kota atau menginap di rumah saudara. Tiba-tiba anda masuk kamar mandi dan mungkin tidak sesuai dengan anda atau anda merasa tidak nyaman. 

Akhirnya, hal ini juga mempengaruhi sistem pencernaan anda. Mungkin anda menjadi lebih lama di kamar mandi. Hal ini juga bisa menyebabkan anda sembelit, disebabkan faktor tidak nyaman tadi.

9. Faktor kurang tidur
Bagi anda yang melakukan travelling, perubahan posisi jam tidur anda, misalkan anda ke Amerika, jadi jam tidur anda berubah sebab jam disini dengan disana itu berbeda. Hal ini juga akan mempengaruhi sistem pencernaan anda.

10. Faktor usia yang lebih tua
Kadang-kadang orang dewasa atau orang berusia lanjut itu kehilangan minat pada makanan. Mungkin disebabkan susah mengunyah, apalagi makanan berserat seperti buah dan sayur. Contohnya pada mereka yang sudah kehilangan gigi dan malas menggunakan gigi palsu akhirnya akan kekurangan serat.

Dimana kekurangan serat ini juga berkontribusi terhadap terjadinya sembelit atau konstipasi. Disamping itu, mereka yang sudah berusia lanjut juga biasanya malas melakukan aktivitas fisik. Mereka lebih memilih duduk, menonton, atau berbaring. Hal ini akan mempengaruhi sistem pencernaan mereka. Semoga bermanfaat.