7 Cara Mengobati Radang Amandel Dengan Mudah Dari Rumah Saja

https://www.smaspeman99.com/2023/03/7-cara-mengobati-radang-amandel-dengan.html

Amandel atau tonsil umumnya anda akan terkena penyakit ini ketika masih kecil, orang dewasa pun bisa terkena radang amandel. Tapi kasusnya lebih sedikit dibandingkan dengan anak-anak dan juga remaja yang terkena penyakit tersebut. Radang amandel sendiri merupakan peradangan yang terjadi di sekitar amandel akibat infeksi virus atau bakteri.

Ketika anda terkena penyakit yang satu ini anda akan mengalami sakit, kesulitan menelan. Dengan demikian tak heran apabila berat badan anda akan menurun selama penyakit ini belum sembuh karena berkurangnya asupan makanan yang masuk ke tubuh. Tapi tenang saja radang amandel bisa disembuhkan dalam kurun waktu 7-10 hari.

Berikut ini adalah beberapa cara efektif mengobati radang amandel atau tonsil, yakni:

1. Berkumur dengan garam

Cara pertama yang disarankan oleh mayo clinic untuk menyembuhkan radang amandel adalah dengan berkumur air asin atau air garam. Cara membuatnya pun mudah, anda hanya membutuhkan bahan yang sudah pasti ada di rumah seperti satu sendok teh garam hingga 8 ons atau 237 ml air hangat. 

Dengan berkumur air asin saja sudah bisa membantu anda meredakan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh radang amandel. Jadi anda tinggal berkumur menggunakan cairan tersebut kemudian membuangnya.

2. Minum antibiotik

Jika radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri maka anda memerlukan bantuan dokter. Nantinya dokter akan meresepkan antibiotik untuk anda, penisilin yang diminum selama 10 hari merupakan pengobatan antibiotik yang paling umum yang diresepkan oleh dokter untuk radang amandel yang disebabkan oleh peptococcus.

Jika anda terkena alergi penisilin maka dokter akan meresepkan antibiotik alternatif. Hanya saja pengobatan dengan cara antibiotik memiliki efek samping yaitu anda dapat terkena peradangan ginjal, tapi kasus ini kecil kemungkinan terjadi.

3. Minum air putih

Cairan tubuh anda harus selalu terjaga dengan baik ya baik ketika sehat maupun dalam kondisi radang amandel sekalipun. Maka dari itu anda wajib minum banyak air untuk menjaga kelembaban tenggorokan dan juga mencegah dehidrasi meskipun anda kesulitan dalam menelan. Anda harus tetap memaksakannya karena air putih dapat menyembuhkan radang amandel secara perlahan.

4. Makan

Makanan dan minuman yang menenangkan adalah hal wajib selama anda dalam masa pengobatan radang amandel. Pasalnya hal ini dibutuhkan demi membuat tenggorokan anda lebih tenang. 

Berikut ini ada beberapa minuman dan juga makanan yang dapat menenangkan tenggorokan anda diantaranya yaitu makanan hangat seperti kaldu, teh bebas kafein, air hangat dengan madu dan juga es krim.

5. Perbanyak istirahat

Tidak dapat dipungkiri bahwa istirahat total dibutuhkan ketika anda sedang sakit, termasuk ketika menderita radang amandel. Untuk itu cobalah ambil cuti atau izin sakit supaya radang amandel yang anda derita tidak semakin parah. 

Jika sudah mendapat izin dari mereka, memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin dengan benar-benar beristirahat. Tidur yang cukup benar-benar membantu anda untuk sembuh dari radang amandel tanpa perlu buang-buang uang pergi ke dokter.

6. Jauhi rokok

Merokok dapat membuat peradangan pada radang amandel yang anda alami semakin parah. Bahkan sekedar menghirup asap rokok saja dapat membuat tenggorokan menjadi iritasi. Untuk itu anda benar-benar harus keluar dari lingkungan rokok terlebih dahulu. 

Sebenarnya caranya mudah, anda hanya perlu berdiam diri di rumah supaya tidak terpapar asap rokok. Selain itu anda juga harus menahan nafsu untuk tidak merokok, sebagai penggantinya anda bisa menghisap permen yang mampu meredakan sakit tenggorokan seperti strepsilsi.

7. Operasi

Cara terakhir untuk mengatasi radang amandel yaitu dengan menjalani operasi, hal ini hanya perlu anda lakukan apabila radang amandel yang anda alami sudah akut. Jadi seperti terjadi dari tujuh kali dalam setahun hingga menyebabkan kesulitan bernafas. Tidak hanya itu bila amandel yang juga kebal terhadap antibiotik sehingga pengobatan yang anda lakukan akan selalu gagal.

Oleh sebab itu operasi merupakan jalan terakhir untuk sembuh dari radang amandel. Setelah operasi selesai biasanya membutuh 7-14 hari untuk pulih sepenuhnya, maka dalam jangka waktu tersebut kemampun tidak boleh makan yang sembarangan, cukup makan es krim saja. Semoga bermanfaat.