Apa Fungsi Gudang di Perkebunan Kelapa Sawit ?

https://www.smaspeman99.com/2023/03/apa-fungsi-gudang-di-perkebunan-kelapa.html

Dalam artikel ini kita akan bahas tentang gudang di perkebunan kelapa sawit. Jadi gudang di perkebunan itu merupakan salah satu tempat yang sangat penting di perkebunan kelapa sawit. Mengapa kita bilang penting, karena tempat penyimpanan semua kebutuhan untuk kebun.

Jadi setiap perkebunan kelapa sawit itu harus memiliki gudang. Karena itu termasuk juga bisa di katakan seperti logistik di kebun.

Jadi berikut beberapa fungsi gedung di perkebunan sawit, seperti:

1. Tempat kebutuhan kebun atau afdeling.

2. Tempat minyak atau bahan bakar.

3. Tempat beras.

4. Tempat spearpart.

Kemudian mari kita jelaskan dari ke 4 item tersebut satu persatu.

1. Tempat kebutuhan kebun atau afdeling

Kebutuhan dari afdeling adalah hal yang paling banyak di simpan di gudang kebun. Apa saja kebutuhan tersebut, termasuk seperti: pupuk untuk sawit, racun tanaman atau obat untuk perawatan kelapa sawit, plastik pupuk atau plastik until untuk pemupukan, peralatan dapur untuk karyawan dan lain lainya.

2. Tempat minyak atau bahan bakar

Minyak atau bahan bakar seperti solar, bensin untuk kendaraan semuanya di simpan di gudang. Jadi gudanglah yang mendistribusikan minyak atau bahan bakar ke semua unit, termasuk itu unit yang bergerak seperti alat berat, traktor, dump truk (DT), pompa air, mesin listrik dan semua kendaraan penunjang.

Bahan bakar atau minyak di berikan atas permintaan baik itu dari pihak transport/traksi maupun dari kebun dengan memberikan bukti atau nota permintaan yang telah di tanda tangani oleh asisten afdeling dan manager kebun tersebut.

3. Tempat beras

Beras dengan jumlah yang banyak disimpan di gudang. Beras tersebut untuk kebutuhan karyawan dan akan di berikan oleh pihak perkebunan kepada karyawan setiap bulannya dengan jumlah yang sudah di tentukan untuk setiap karyawan.

https://www.smaspeman99.com/2023/03/apa-fungsi-gudang-di-perkebunan-kelapa.html

4. Tempat spearpart

Kebutuhan akan komponen atau spearpart untuk semua unit kebun baik itu alat berat, dump truk, traktor, mesin pompa dan penerangan serta yang lainnya di simpan di dalam gudang. Spearpart juga termasuk seperti ban, oli, tool’s dan lainnya yang di butuhkan oleh traksi.

Karena spearpart sangat di butuhkan di unit untuk mendukung kelancaran kebun. Sehingga di tempatkan di ruangan khusus yang berbeda dari yang lainnya di gudang. Demikianlah tentang penjelasan singkat mengenai gudang dan fungsinya di perkebunan kelapa sawit. Semoga bermanfaat.