Tahukah Anda Istilah TPH Pada Perkebunan Kelapa Sawit?

https://www.smaspeman99.com/2023/03/tahukah-anda-istilah-tph-pada.html

Mungkin sebagian orang yang sudah pernah bekerja di perkebunan kelapa sawit pasti sudah tahu apa itu TPH? Apa lagi yang sudah pernah berkecimpung sebagai tenaga panen di kebun sudah tahu sekali tentang itu.

Jadi TPH itu adalah tempat pengumpulan hasil. Maksudnya buah kelapa sawit yang sudah di panen atau di turunkan oleh tim pemanen sawit akan mengumpulkan buah tersebut di area TPH.

Jadi buah kelapa sawit di susun di TPH dengan rapi, tidak ada lagi bonggol yang panjang dan juga denga di tulis berapa jumlah buahnya di TPH tersebut. Hal itu akan memudahkan oleh tim angkut sehingga buah lebih cepat untuk di kirim ke pabrik.

Pada setiap blok akan di buat beberapa TPH sesuah kebutuhan dan untuk blok yang jalannya rusak atau tidak dapat di lalui oleh dump truk atau DT akan di buatkan lagi yang namanya loading point. Nantinya traktor trailer yang mengangkut buah kelapa sawit dari TPH yang jalannya rusak dan di kumpulkan ke loading point.

https://www.smaspeman99.com/2023/03/tahukah-anda-istilah-tph-pada.html

Dan dari loading point tersebut akan langsung di angkut oleh dump truk (DT) dan buah kelapa sawit akan di kirimkan ke pabrik. Hal ini dilakukan supaya tidak ada buah restan di lapangan yang nantinya bisa berpengaruh pada kualitas minyak CPO.

Demikianlah penjelasan mengenai TPH dan fungsinya di perkebunan kelapa sawit. Semoga bermanfaat.