Tips Resign Dari Perusahaan Dengan Profesional

 https://www.smaspeman99.com/2023/03/tips-resign-dari-perusahaan-dengan.html

Ketika kita sudah berada di posisi beberapa kali dalam hidup di mana kita harus mengundurkan diri dari pekerjaan sebab kita telah dicari dan ditawari posisi yang lebih tinggi dan gaji yang lebih besar di tempat lain. Namun, bagaimana Anda mengundurkan diri dari pekerjaan serta menjaga dari membakar jembatan Anda?

Sebagian besar perusahaan meminta karyawan mereka untuk memberikan pemberitahuan pengunduran diri dua minggu, namun tidak semuanya. Ketika bekerja untuk sebuah perusahaan sudah bertahun-tahun yang lalu yang meminta pemberitahuan pengunduran diri selama empat minggu. Hal ini agak berlebihan dan kita belum pernah mendengar permintaan seperti ini sejak itu. 

Lalu, ada perusahaan yang meminta individu tersebut untuk pergi segera sesudah mereka memberikan pemberitahuan pengunduran diri, tidak peduli berapapun jangka waktu yang ditawarkan karyawan tersebut. Perusahaan yang seperti ini dan biasanya untuk menutupi perusahaan terutama disaat karyawan tersebut mempunyai akses ke informasi sensitif atau berpotensi merusak perusahaan secara finansial melalui penipuan penjualan, misalnya. 

Sementara seorang karyawan biasanya tidak dianggap sebagai seseorang yang akan merugikan perusahaan, beberapa perusahaan mempunyai kebijakan ini untuk melindungi kepentingan terbaik mereka. Walaupun Anda tidak di haruskan oleh undang-undang untuk memberikan pemberitahuan kepada pemberi kerja bahwa Anda berhenti sebelum hari Anda pergi, itu merupakan isyarat profesional.

Berikut beberapa hal yang harus diingat saat ingin mengundurkan diri:

1. Persyaratan jangka waktu pengunduran diri

Membaca buku pegangan atau kontrak karyawan Anda untuk mengetahui apakah Anda di haruskan memberikan pemberitahuan untuk menerima pembayaran tertentu ketika Anda pergi. Walaupun merupakan undang-undang bahwa Anda menerima uang disebabkan gaji Anda, beberapa perusahaan membutuhkan pengunduran diri dalam jangka waktu tertentu dalam menerima pembayaran tambahan atau walaupun bukan umum.

2. Surat pengunduran diri

Menulis surat pengunduran diri serta nyatakan bahwa Anda berterima kasih atas waktu yang Anda miliki di perusahaan juga bantuan yang Anda terima dalam karir profesional Anda atau bila Anda merasa nyaman melakukannya dan tanggal hari kerja terakhir Anda atau ini biasanya 2 minggu.

3. Mengundurkan diri secara pribadi

Bila memungkinkan, berikan pemberitahuan pengunduran diri Anda kepada atasan langsung atau direktur SDM Anda secara langsung serta jelaskan alasan Anda selengkapnya yang Anda rasa nyaman.

4. Jadilah perhatian

Tidak usah bertindak terlalu cemas untuk keluar dari sana. Pekerjaan baru Anda sedang menunggu dan Anda sekarang dianggap sebagai pengatur waktu singkat, namun harus tetap tenang dan jangan bertingkah seolah Anda tidak sabar menunggu hari terakhir Anda.

5. Melepaskan tanggung jawab

Telusuri semua tanggung jawab, tugas, serta proyek Anda dan pastikan semua informasi yang Anda punya kepada orang atau beberapa orang yang akan menangani barang-barang tersebut sesudah Anda pergi. Memberikan sebanyak mungkin informasi untuk orang lain mengenai apa yang Anda lakukan dalam peran Anda akan membantu Anda memperoleh rekomendasi yang lebih baik, serta kemungkinan untuk kembali lagi di masa mendatang bila di butuhkan.

6. Tetap positif

Jangan pernah berbicara negatif mengenai waktu Anda dengan perusahaan, mengenai atasan Anda, mengenai perusahaan, atau mengenai rekan kerja Anda, bahkan di wawancara keluar. Anda mungkin bertemu dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda dalam satu kapasitas atau lainnya dan Anda pasti mau menjaga rasa hormat mereka serta membuat mereka memikirkan Anda dengan cara yang positif.

7. Bersikap profesionalisme

Tetap profesional dengan semua orang, jangan menceritakan rekan kerja yang menyebalkan yang mengganggu Anda sebab dia tidak menarik atau mempunyai kebiasaan yang sangat menyebalkan. Ini tidak profesional dan akan membuat Anda akan terlihat buruk di mata orang lain di perusahaan, belum lagi Anda masih bisa ditulis sampai Anda tidak lagi menjadi karyawan.

Sebagian besar perusahaan, bagaimanapun perusahaan yang bagus, akan senang untuk Anda bila Anda sudah menemukan peluang lain yang memenuhi kebutuhan Anda lebih baik dari yang mereka bisa. Juga sebagian besar perusahaan lebih suka pemberitahuan pengunduran diri setidaknya dua minggu sehingga mereka bisa mempekerjakan atau mencari seseorang untuk menggantikan Anda atau memberi Anda serta mereka waktu untuk mengalihkan tanggung jawab Anda kepada orang lain. Semoga bermanfaat.