Tahukah Anda 6 Alasan Untuk Perampingan di Perusahaan

https://www.smaspeman99.com/2023/06/tahukah-anda-6-alasan-untuk-perampingan.html

Hal seperti itu terjadi setiap hari, perusahaan memberhentikan karyawan maupun menutup sebagian atau seluruh bagian bisnis mereka, atau berhemat. Penutupan bisa berupa apa saja mulai dari pemecatan beberapa karyawan, sampai menutup kantor atau lokasi, atau bahkan menutup seluruh wilayah geografis sepenuhnya. 

Kita bisa meyakinkan Anda bahwa keputusan ini tidak pernah dibuat dengan mudah atau tidak seharusnya. Berikut beberapa alasan mengapa perusahaan mungkin menempuh jalur ini, namun semua alasan terkait dengan dampak finansial yang dimiliki area atau lokasi tersebut terhadap garis bawah bisnis.

1. Krisis ekonomi

Terkadang bisnis menghadapi penurunan penjualan atau produksi disebabkan ekonomi. Bila perusahaan memproduksi wadah plastik yaitu jenis tempat Anda mendapatkan makanan cepat saji misalnya, dan perusahaan mengalami penurunan jumlah pesanan sebab lambatnya ekonomi di industri makanan cepat saji, perusahaan plastik akan dirugikan karenanya. Ini bisa memulai PHK atau bahkan penutupan lokasi bila dampaknya cukup besar pada perusahaan.

2. Hasil lebih rendah dari yang diharapkan

Beberapa lokasi bisnis tidak memberikan hasil yang diharapkan dari rencana bisnis. Umumnya, sebuah bisnis merencanakan secara luas ketika membuka lokasi, kantor atau area bisnis baru. 

Perusahaan mengharapkan sejumlah penjualan atau keuntungan finansial tertentu dari area atau lokasi manapun, dan bila lokasi atau kantor tersebut tidak memberikan hasil yang diharapkan, bisnis bisa memilih untuk menutupnya. Ini terutama benar ketika itu adalah pengaturan ritel.

3. Perubahan kontrak

Bila bisnis mengandalkan kontrak dengan perusahaan yang lebih besar untuk pendapatannya yaitu perusahaan merupakan perantara, antara perusahaan besar dan konsumen atau bisnis kecil lainnya, maka perubahan kontrak bisa mempengaruhi status keuangan perusahaan. 

Apabila negosiasi kontrak tidak berjalan sesuai rencana atau beberapa konsesi harus dibuat untuk menyelamatkan perusahaan, hal ini bisa mengakibatkan PHK dalam jumlah kecil atau besar serta mungkin menutup wilayah geografis untuk mengkompensasi pendapatan yang hilang dalam kontrak. .

4. Pusatkan sumber daya di area lain

Sebuah perusahaan hanya mempunyai begitu banyak sumber daya yang bisa tersebar di antara wilayah geografisnya yang berbeda. Terkadang tidak masuk akal untuk menyebarkan sumber daya sejauh ini sehingga sumber daya tidak cukup untuk semua area. Ini merupakan saat ketika perusahaan bisa memilih untuk menutup satu atau lebih wilayah geografis untuk memungkinkan sumber daya terkonsentrasi lebih banyak di wilayah lain.

5. Perubahan bisnis inti

Seperti halnya manusia, bisnis mengalami perubahan. Perubahan ini dapat kecil dan tampak tidak signifikan dan beberapa bisa besar juga sangat signifikan. Bila perubahan tersebut menghasilkan perombakan bisnis, layanan, produk dan merek, maka perusahaan umumnya bisa memutuskan untuk merombak karyawan dan bidangnya berdasarkan target pelanggan untuk merek baru tersebut.

6. Tantangan hukum

Ada banyak undang-undang untuk bisnis yang berbeda dari setiap negara, dan bahkan kota ke kota. Ini dapat menjadi tantangan untuk diikuti, terutama untuk perusahaan yang melakukan bisnis di banyak negara. Inilah sebabnya mengapa baik untuk memiliki pengacara bisnis yang baik yang berpengetahuan luas di bidang bisnis perusahaan. Namun, bila perusahaan mengalami masalah hukum bisa mengakibatkan PHK, kantor maupun lokasi ditutup, dan akhirnya seluruh perusahaan keluar dari bisnis dalam beberapa kasus.

Ada banyak alasan lain mengapa perusahaan mem-PHK karyawan, menutup wilayah geografis juga menutup bisnisnya, namun ini merupakan alasan yang secara umum dan alami selama bertahun-tahun. Pada akhirnya ini merupakan tentang kesuksesan finansial bisnis. 

Bila bisnis tidak menghasilkan uang, maka tidak ada alasan untuk tetap menjalankannya. Seperti yang di bahas sebelumnya, ini selalu merupakan keputusan yang sulit untuk siapapun yang berada dalam posisi untuk membuat keputusan ini, namun ini adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis. Semoga bermanfaat.