Ketahui 9 Penyebab Penting Pada Wajah Berminyak

https://www.smaspeman99.com/2023/05/ketahui-9-penyebab-penting-pada-wajah.html

Berikut beberapa penyebab wajah berminyak yakni:

1. Karena faktor genetik
Karena keturunan kalau salah satu atau kedua orangtua kalian mempunyai kulit wajah yang berminyak. Ada kemungkinan besar kulit wajah kalian juga berminyak.

2. Mencuci muka pakai sabun wajah terlalu sering
Anggapan dengan sering mencuci muka maka buat wajah itu bakal semakin bersih. Itu salah mencuci muka, pakai sabun wajah yang benar itu maksimal dua kali dalam sehari. 

Tidak lebih dari itu kalau dalam sehari kalian terlalu sering pakai sabun muka bisa sampai 4-5 kali cuci muka hal ini juga bisa buat kulit wajah kalian semakin berminyak. Kenapa karena hal ini juga bisa menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga akan memberikan sinyal kepada kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak.

3. Karena anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula
Jadi sebisa mungkin hindari makanan-makanan yang manis terlalu sering dan gula. Itu tidak cuma hanya dimakan-makanannya manis saja tapi juga bisa seperti roti putih, mie instan dan lain-lain. 

Habis makan Indomie di malam hari terus sekarang ngapain, tuh juga banyak bisa sampai 2-3 bungkus sekaligus atau kalian tambahkan minyak dengan nasi, terus pas bangun besok paginya wajah terasa berminyak sekali dan kelihatan kayak agak bengkak dan terlihat kusam. Apakah pernah gak ngalamin hal seperti ini? Buat wajah itu terlihat kayak berminyak, kusam, jadi ya kurangi jam makanan-makanan yang tinggi gula.

4. Karena cuaca
Cuaca benar-benar berpengaruh sekali dengan kulit kalian kalau cuacanya itu panas. Wajah akan memproduksi lebih banyak minyak dan sebaliknya kalau cuacanya dingin suhu udaranya tuh dingin akan memperkuat gampang kering. Makanya itu juga tidak heran kalau orang yang terlalu sering setiap hari setiap saat selalu berada di ruangan yang ber-ac lama-kelamaan kulit wajah itu bisa semakin kering dan tidak cuma wajah. 

Kalau tinggal di negara yang cuacanya itu dominasi dingin mereka kebanyakan kulitnya cenderung kering, beda dengan negara kita yang iklimnya itu tropis yang dimana kebanyakan cuacanya itu panas. Jadi kebanyakan dari kita itu kulitnya itu cenderung berminyak.

5. Karena faktor usia
Orang yang punya kulit wajah berminyak kebanyakan dialami oleh remaja dan juga dewasa muda. Hal ini karena seiring bertambahnya usia, produksi minyak akan semakin berkurang, semakin sedikit. Jadi oleh karena itu kebanyakan orang yang masih muda kulitnya itu berminyak. Tapi orang yang sudah tua karena seiring dagingnya, usia produksi minyak semakin menurun.

Orang yang sudah tua kebanyakan kulitnya itu kering, garis-garis halus keriput akan muncul dan nampak lebih jelas. Buat kalian yang kulitnya berminyak pasti sering sekali ngalamin masalah kulit seperti pori-pori yang terlihat besar, komedo dan juga jerawat. Tapi kita harus bersyukur juga yaitu tanda-tanda penuaan bakal muncul lebih lambat, soalnya karena kulit kita lebih lembab dan kayak garis-garis halus atau kerutan gitu tidak terlalu nampak jelas sekali dibandingkan dengan kulit yang kering.

6. Karena tidak menggunakan pelembab pelembab atau moisturizer
Penting sekali pelembab itu termasuk basic Skin Care yang harus ada di Skin Care Routine. Kalian anggapan kulit berminyak itu tidak butuh pelembab, itu salah, yang berminyak itu juga butuh pelembab supaya dapat menyeimbangkan kadar minyak. 

Untuk kadar air di kulit kalian kalau kalian tidak pakai pelembab ya kadar minyak yang padat air itu jadinya tidak seimbang. Yang dimana akhirnya itu bisa memproduksi semakin banyak minyak. Jadi jangan lupa selalu gunakan pelembab dan pilih pelembab yang berbahan dasar air itu lebih cocok untuk kulit yang berminyak.

7. Karena hormonnya tidak seimbang
Karena tidak seimbang bisa karena beberapa penyebab seperti stress, pola makan yang kurang baik dan lain-lain. Juga pas menstruasi, wajah juga terasa semakin berminyak bahkan bisa muncul jerawat dan juga stres. Kalau stres tidak di kontrol dengan baik buat hormon keseimbangan akhirnya buat wajah kalian itu semakin berminyak.

8. Karena produk
Skin Care yang tidak cocok dan tidak tepat, kalian harus paham betul dengan jenis kulit kalian itu apa dan jangan lupa selalu pilih produk Skin Care yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Kalau kulit kalian berminyak jangan pilih Skin Care untuk kulit yang kering, hal itu malah justru buat wajah semakin berminyak. 

Pilih yang sesuai dengan jenis kulit dan yang cocok dengan kulit kalian kalau tidak cocok dengan suatu produk Skin Care, hal ini juga bisa buat kulit wajah kalian semakin berminyak.

9. Karena kalian terlalu sering eksfoliasi
Kulit hal ini terutama penggunaan scrub, kalau kalian terlalu sering skrub hal ini juga bisa memproduksi minyak semakin banyak dan kalau masker itu lebih baik seminggu dua kali saja. Semoga bermanfaat.