Manfaat Meminum Susu Untuk Kesehatan Tubuh Setiap Hari

 https://www.smaspeman99.com/2023/07/manfaat-meminum-susu-untuk-kesehatan.html

Mungkin dulu waktu masih kecil sering dianjurkan minum susu, minum susu sapi, katanya alasannya biar cepat besar, biar sehat. Jadi kira-kira betul gak alasannya seperti itu, orang tua zaman dulu yang mungkin sampai saat ini masih menyarankan anak-anaknya untuk minum susu. Jadi kita akan mengulas tetang sering minum susu sapi setiap hari.

Gizi dan nutrisi dari susu sapi itu banyak, jadi kira-kira apa sih yang didapatkan ketika minum susu sapi. Jadi bisa saja kandungan susu-nya berbeda karena tergantung pengolahannya.

Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika sering minum susu sapi, yaitu:

1. Meningkatkan massa otot
Susu sapi bagus untuk otot, bisa meningkatkan massa otot.  Karena kandungan protein yang terkandung di dalam susu sapi untuk mendapatkan. Hal itu tentu anda harus rajin olahraga yang rutin. Tidak mungkin baring-baring, tidur-tidur ototnya besar sendiri, itu tak mungkin. Disarankan juga pilihlah susu sapi yang rendah lemak, dengan begitu massa otot anda akan meningkat.

2. Meningkatkan kekuatan tulang
Kalau hal ini mungkin sudah tahu semua, kalau susu sapi itu bagus untuk tulang. Jadi bisa meningkatkan kesehatan tulang ketika anda meminum susu sapi. Pilih susu yang terdapat kalsium, fosfor, zat besi. Ini berperan penting terhadap kepadatan tulang anda supaya tidak mengalami tulang keropos.
 
Tetapi jangan juga sampai berlebihannya, misalkan anda mau tulangnya kuat, sering-sering sakit pulang dan minum susu sapinya sampai 5-10 gelas itu tidak percaya. Minum susu sapinya itu satu setelah satu hari saja itu sudah cukup, kalau banyak-banyak berlebihan ini malah berdampak buruk.

3. Meningkatkan sistem imun
Anda yang dengan mengkonsumsi susu sapi secara teratur, karena kandungan vitamin, mineral nya tadi. Misalkan kandungan protein ke dengan vitamin A omega-3 dan kandungan vitamin dan mineral lainnya. Ini bisa membantu menjaga kesehatan anda, bisa membantu meningkatkan imunitas. Jadi anda tidak mudah sakit, supaya tubuh bisa baik ketika ada infeksi datang, ada bakteri datang tubuh lebih siap jadi nggak gampang sakit.

4. Menjaga kesehatan gigi
Pada prinsipnya sama seperti kesehatan tulang tadi, dengan mengkonsumsi susu sapi bisa membantu menjaga kesehatan gigi gigi lebih kuat, tidak gampang keropos, kemudian gigi juga terlindungi. Ini karena kandungan-kandungan lebih dari kalsium fosfor, zat besi dan dengan mengkonsumsi susu tetapi sudah menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi.

5. Meningkatkan kebugaran tubuh
Kalau anda sering merasa lesu, lemas, tidak semangat, tidak bertenaga, coba minum susu sapi setiap hari satu gelas. Karena dengan begitu tubuh anda akan bugar karena kandungan vitamin, mineral yang terkandung di dalamnya dan kandungan proteinnya. Kemudian juga kandungan asam aminonya dan kandungan magnesiumnya ini akan membuat tubuh anda lebih bertenaga, lebih semangat, menjaga kesehatan otot, menjaga kesehatan otak juga.

6. Membuat kulit tampak segar
Susu sapi murni bagus untuk kesehatan kulit anda, protein asam aminonya ini ada pengaruhnya dengan kolagen. Kemudian kolagen ini akan membuat kulit anda jadi cerah bercahaya jadi lebih sehat. Jadi anda dengan minum susu sapi juga bisa membuat kulit anda jadi lebih sehat dan lebih cerah.

7. Menjaga kesehatan jantung
Kalau minum susu sapi yang rendah lemak yaitu anda rutin minum susu sapinya ini bisa menjaga kesehatan jantung. Karena kandungan omega-3 bagus untuk kesehatan jantung tetapi di ingatkan walaupun bagus, jangan minum susu sapi berlebihan. Apalagi kalau anda memang ada penyakit jantung seperti jantung koroner.

Juga tidak boleh minum secara berlebihan karena dalam susu sapi itu ada lemaknya. Kalau seandainya minum secara berlebihan kolesterol nanti takutnya meningkat. Kalau anda minum susu sapi kolesterol meningkat, resiko penyakit jantung ataupun sakit jantung jadi tiak bagus. Jadi minumlah sewajarnya, satu gelas satu hari misalkan dan pilih susu sapi yang low-fat ataupun rendah lemak, lihat di kemasannya, kalau seandainya anad ingin meminumnya.

8. Menjaga kadar gula darah
Kalau misalkan anda minum susu sapi di pagi hari untuk sarapan, ini akan melambatkan karbohidrat. Pencernaan karbohidrat akan membuat kadar gula darah anda lebih normal, tetapi pastikan anda minum susu sapinya yang lowfat dan jangan pakai tambahan.

9. Menjaga tekanan darah
Yang punya tekanan darah tinggi coba mengkonsumsi susu sapi, karena susu sapi mengandung kalium. Jadi kalium ini akan membantu menurunkan tekanan darah anda ataupun kalium ini membantu membuat tekanan darah anda tetap normal.

Karena kalium dapat meringankan tekanan pada dinding pembuluh darah. Itula kenapa tekanan darah anda bisa menurun ataupun normal. Kalau yang punya darah tinggi bisa coba minum susu sapi rutin tapi tetap ikuti anjuran dokter untuk mengkonsumsi obat darah tingginya secara teratur, jarak kan meminum obatnya dengan minum susu tadi.

10. Menjaga berat
Seperti yang di sebutkan sebelumnya susu sapi itu bagus untuk otot, meningkatkan massa otot jantung, kesehatan tulang. Ini karena kandungan protein dan mineral lainnya, jadi dengan begitu berat badan anda bisa tetap ideal tetap normal sesuai keinginan anda tetapi tetap olahraganya jangan lupa makannya jangan berlebihan. Jadi susu sapi ini akan membuat anda kenyang, kalau anda kenyang anda tidak akan makan banyak, makan roti, makan atau minum yang manis-manis.

Tetapi perhatikan juga jangan berlebihan minum susu, tapi pastikan yang rendah lemak ataupun lowed dan juga jangan diberikan gula tambahan. Itu la beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan kalau rutin minum susu sapi. Namun konsumsi susunya dalam batas wajar, jangan berlebihan karena kalau berlebihan justru tidak bagus untuk kesehatan anda. Semoga bermanfaat.