Apakah Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

 https://www.smaspeman99.com/2023/07/apakah-manfaat-susu-kedelai-bagi.html

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang mana susu kedelai ini susu dari sari kedelai biji. Kedelai diambil, dihancurkan kemudian diambil bagian cairnya. Jadi susu kedelai belakangan ini banyak diperbincangkan terutama di kalangan vegetarian. Jadi sehat mengenai susu kedelai, selain rasanya yang enak susu kedelai juga memiliki berbagai manfaat yang baik.

Untuk susu kedelai adalah minuman yang kaya nutrisi kemudian dapat menjadi sumber protein, karbohidrat, gula serat dan lemak yang baik. Susu kedelai juga kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu kita lihat di sini kandungan gizi pada susu kedelai per 100 gr. Ini mulai dari air 87 gr energi, 41 kalori protein, 3,5 gr lemak, 2,5 gr karbohidrat, 5 gr serat pangan, 0,2 gr kalsium, 50 mg fosfor, 45 mg zat besi, 0,7 mg kemudian natrium, 128 mg kalium, 9 mg tembaga, 0,2 mg seng, 1 mg karoten, total 200 mikrogram.  

Vitamin B1 0,08 mg, vitamin C 2 mg. Tampak pada kandungan gizi ini kalsium yang dominan 50 mg dengan fosfor, kemudian juga proteinnya tinggi dan disini kalium juga tinggi. Jadi ini memang luar biasa baiknya untuk kesehatan, apabila kita mengkonsumsi dari sari kedelai dalam bentuk susu kedelai.

Kemudian pertanyaan apa saja manfaat susu kedelai bagi kesehatan, yakni:

1. Membantu proses pertumbuhan

Ini manfaat susu kedelai yang mendukung proses tumbuh kembang pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena kandungan susu kedelai yang kaya akan protein, protein memegang peranan penting untuk memberikan nutrisi pada tubuh. Selain itu kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik, selain karena mengandung kandungan yang tinggi juga mudah dicerna oleh tubuh.

2. Membantu menurunkan Cholesterol
Jadi protein terbuat dari asam amino yang memiliki keuntungan mencegah berbagai penyakit. Sehingga asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar sterol dalam darah. 
 
Jadi dengan mengkonsumsi makanan yang rendah kolesterol, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan sebagainya.

3. Membantu menurunkan tekanan darah
Terkait dengan orang-orang dengan hipertensi, jadi berbagai penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah mana yang lebih baik. Jadi didapatkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang ini jadi lebih baik pada penderita hipertensi. 
 
Oleh karena itu penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah seperti salah satunya adalah mengkonsumsi susu kedelai.

4. Membantu mengontrol gula darah
Terkait dengan diabetes mellitus, jadi menurut penelitian yang diterbitkan dalam arsip internal medicine menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang diolah dari biji-bijian dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Disini salah satunya itu kedelai. 
 
Diantara pasien yaitu pasien type 2 diabetes, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik untuk tekanan darah dan gula darah. Mengapa? karena di dalam susu kedelai mengandung indeks glikemik yang rendah. Jadi akibatnya sangat cocok untuk orang-orang yang diabetes melitus karena mampu menurunkan tekanan darah dan gula darahnya juga rendah.

5. Membantu menurunkan berat badan
Di sini sebagai menu diet yang baik untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Jadi disini protein yang ada di dalam susu kedelai ini tinggi, sehingga suplai energi itu berasal dari protein. Jadi sangat dianjurkan menurunkan berat badan karena protein yang digunakan sebagai energi bukan dari karbohidrat atau lemak. 
 
Agar tidak merasa lemas meskipun sedang menjalani diet, jadi dengan menurunkan berat badan dengan susu kedelai itu lebih baik. Karena sebenarnya berasal dari protein bukan dari karbohidrat yang kita konsumsi sehari-hari atau lemak.

6. Mengurangi gejala post menopause
Pada wanita-wanita yang sudah berusia di atas 40 tahun, susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita setelah menopause. Ini menopouse berhentinya wanita mengalami menstruasi, jadi beberapa penelitian menemukan bahwa isoflavon pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita post menopause dini.

Untuk kelebihan isoflavon sistem imun dapat tertekan setelah menopause karena efek penuaan dan mengurangi estrogen. Namun isoflavon adalah komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan tinggi. Sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh pada wanita di periode ini.

7. Memberi nutrisi bagi ibu hamil
Disini kedelai yang terdapat pada susu kedelai mengandung asam folat atau vitamin B9. Jadi ini berperan penting sebagai nutrisi pada ibu hamil. Kita tahu asam folat ini terlibat dalam pembentukan hemoglobin. Sehingga disini penting apabila mengalami defisiensi asam folat maka akan terjadi anemia megaloblastik atau anemia dengan eritrosit yang berukuran besar. 
 
Kemudian menurut penelitian yang diterbitkan dalam nutritional jurnal, ibu yang mengonsumsi kedelai selama proses kehamilan memilih plasenta yang lebih sehat dan berat janin yang baik. Jadi disini kelebihan mengonsumsi susu kedelai pada ibu hamil.

8. Mencegah osteoporosis
Disini dengan mencegah osteoporosis maka kita bisa melihat manfaat susu kedelai yaitu mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis. Artinya mengurangi itulah mencegah, osteoporosis kita tahu merupakan risiko yang dialami wanita pada usia menopause atau usia lanjut. 
 
Kita tahu karena disini pengeroposan pada tulang dimulai dengan osteopenia lalu ke osteoporosis. Disini kandungan kalsium yang terdapat pada susu kedelai berperan untuk mencegah pengeroposan pada tulang yang sering terjadi akibat proses penuaan.

9. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kita lihat disini bahwa bukan hanya untuk mencegah osteoporosis, secara umum tubuh membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dibutuhkan untuk segala usia terutama anak-anak, menurut penelitian dilakukan oleh kylan dari tufts University Amerika susu kedelai mengandung filokuinon atau vitamin kaya yang dapat meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah resiko fraktur dan patah tulang.

10. Membantu proses pembekuan darah
Di sini penting terkait dengan pembekuan darah, selain untuk membantu proses penyerapan kalsium ternyata vitamin K juga membantu proses pembekuan darah. Tetap dibutuhkan oleh tubuh dalam menyembuhkan luka atau cedera. Jadi kalau ada luka segera tertutup luka tadi, vitamin K yang terdapat dalam susu kedelai berperan menghasilkan protrombin yaitu protein khusus yang berfungsi untuk pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Nanti protombin akan menjadi trombin dan trombin akan mengubah fibrinogen menjadi fibrin. Dia melakukan polimer yang akan dari monomer maka akan terbentuklah fibrin yang bekuan besar dalam bentuk stabil dibantu oleh faktor tampil ini adalah dalam casket. Pembekuan darah jalur intrinsik atau jalur ekstrinsik dan jalur bersama yang Anda ingini kalau kita melihat skema dari pembekuan darah.

11. Menurunkan risiko kanker usus
Penting juga karena susu kedelai itu mampu menurunkan resiko kanker kolorektal atau kanker usus besar. Hal ini karena kandungan butirat yang terdapat pada kedelai, nah butirat adalah jenis bakteri baik yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Penelitian dilakukan oleh Georgia haltim University menunjukkan bahwa butirat berperan penting dalam proses pengobatan berbagai penyakit kronis pada usus.

12. Mengurangi kanker prostat
Ini pada pria yaitu manfaat dari susu kedelai mencegah kanker prostat. Hal ini karena apa, kandungan isoflavon pada kedelai yang bertindak sebagai anti karsinogenik atau zat yang berfungsi untuk mencegah kanker. Studi dilakukan oleh safora medical percity menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai secara rutin dapat menurunkan risiko kanker prostat pada sejumlah pria di Jepang.

13. Mencegah kanker payudara
Nah itu tadi kelompok pria sekarang kelompok wanita lagi berpindah masalah. Jadi sebuah studi menunjukkan angka kejadian kanker payudara lebih rendah di negara-negara yang banyak mengonsumsi kedelai seperti Jepang dan Singapura.

Penelitian dilakukan oleh foto Sunny shop konser riset menunjukkan bahwa kandungan phytoestrogens pada produk olahan kedelai dapat mencegah perkembangan sel kanker payudara pada tubuh manusia. Selain itu kanker payudara yang turut berhubungan dengan kadar estrogen juga dapat dibantu dicegah dengan konsumsi susu kedelai.

14. Membantu menjaga kesehatan hati
Hati atau liver, disini susu kedelai mengandung isoflavon. Jadi lagi-lagi isoflavon yang dapat memberi efek antioksidan pada tubuh. Antioksidan ini berperan untuk membantu menurunkan stres oksidatif. Jadi stres oksidatif pada kardiovaskular bisa diturunkan, dihilangkan dengan adanya antioksidan dan juga mencegah kerusakan pada hati.
 
Kemudian isoflavon dapat membantu kinerja hati dalam menawarkan zat-zat beracun yang masuk kedalam tubuh manusia. Dapat terkena zat beracun yang berasal dari makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya dan polusi. Jadi disini kemampuan isoflavon untuk membantu kinerja tidak menawarkan atau mendetoksifikasi zat-zat beracun.

15. Melancarkan pencernaan
Terkait dengan saluran cerna gastrointestinal. Disini membantu melancarkan pencernaan, mengapa? karena kandungan serat pangan yang tinggi pada susu kedelai. Maksudnya disini susu kedelai itu kandungan serat pangannya tinggi, sehingga memberikan pencernaan lebih lancar dan tercapai namanya penyakit seperti susah buang air besar.

Kemudian sembelit itu bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh. Serat dapat membantu agar terhindar dari berbagai masalah yaitu: pertama dalam masalah pencernaan yaitu susah buang air besar, wasir dan sembelit. Di tiga utama yang terjadi pada saat masalah pencernaan, itu saja manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.