Jenis Pupuk Memperbesar Buah Kelapa Sawit

 https://www.smaspeman99.com/2023/07/jenis-pupuk-mempembesar-buah-kelapa.html

Memiliki buah kelapa sawit dan besar itu menjadi impian semua para petani sawit. Tetapi tidak semua petani bisa mewujudkannya, karena mereka belum mengetahui unsur hara apa yang sebenarnya yang bisa membesarkan buah kelapa sawit.

Disini kita akan menjelaskan 3 jenis unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman kelapa sawit dalam jumlah yang banyak atau biasa kita kenal dengan unsur hara makro. Kira-kira anda tahu tidak apa itu jenis-jenis unsur hara makro?

Jadi jenis unsur hara makro yakni:

1. Unsur hara Nitrogen

2. Unsur hara fosfor

3. Unsur hara kalium

Manfaat dari unsur hara nitrogen itu - bisa menghijaukan daun.

Kemudian manfaat dari unsur hara fosfor itu - untuk akar, untuk batang dan peran sang calon buah ataupun bunga.

Kemudian unsur hara kalium - bermanfaat untuk membesarkan buah, mempercantik warna, kualitas dan bentuk dari buah kelapa sawit.
 
Dari tiga jenis unsur hara ini bisa kita ambil kesimpulan bahwa unsur hara yang membesarkan buah kelapa itu adalah unsur hara kalium, bukan unsur hara nitrogen. Diluar sana banyak para petani sawit yang salah kaprah, mereka ingin membesarkan buah kelapa sawit tetapi mereka justru membeli pupuk urea. Seperti yang kita ketahui pupuk urea itu mengandung unsur hara nitrogen dan manfaat dari unsur hara nitrogen itu menghijaukan daun bukan untuk membesarkan buah.

Adapun jenis pupuk yang bisa membesarkan buah kelapa sawit:

* Yang pertama adalah ada pupuk KCL atau mop - Pupuk KCL ini mengandung unsur hara kalium sebesar lebih kurang 60%.

* Kemudian jenis pupuk yang bisa membesarkan buah kelapa sawit yang kedua itu ada NPK grower -  NPK grower mengandung unsur hara nitrogen sebesar 15%, ada pospor sebesar 97%, unsur hara kalium sebesar 20%.

* Yang ketiga yang bisa membesar buah kelapa sawit yaitu ada NPK granular - NPK granular mengandung unsur hara nitrogen sebesar 13 %, unsur hara pospor sebesar 8% dan unsur hara kalium sebesar 27 %.
 
* Kemudian jenis pupuk yang bisa membesarkan buah kelapa sawit yang keempat adalah ada mahkota fertilizer - mahkota portalizer ini mengandung unsur hara nitrogen sebesar 13 %, unsur hara posfor sebesar 6% dan unsur hara kalium sebesar 27 %.

Bila anda ingin membesarkan buah kelapa sawit, Anda harus mencukupi unsur hara kalium bukan unsur hara nitrogen. Karena unsur hara kalium itu bisa membesarkan buah kelapa sawit.

Jadi boleh dicoba dari jenis-jenis pupuk yang di rekomendasikan tadi. Kalau seandainya Anda bisa mencukupi unsur hara kalium, sudah dipastikan buah sawit anda itu akan besar-besar semua. Semoga bermanfaat.