Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

 https://www.smaspeman99.com/2023/07/manfaat-buah-nangka-untuk-kesehatan.html

Apakah anda salah satu orang yang suka dengan buah nangka. Buah yang berwarna kuning ini memang memiliki rasa enak dan aroma yang khas. Aroma khas inilah yang membuat buah nangka banyak digunakan sebagai bahan campuran kue dan minuman.

Jadi tidak heran jika banyak orang menyukai buah yang satu ini, tidak hanya itu buah nangka ternyata juga kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi, seng dan thiamin di dalamnya. Berkat kandungan beragam nutrisi tersebut buah nangka memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan, yakni:

Melancarkan pencernaan
Salah satu manfaat buah nangka adalah baik untuk mencegah fungsi pencernaan. Buah nangka merupakan sumber serat yang baik, dengan memenuhi asupan serat cukup anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit. Selain mengandung serat buah ini juga mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai prebiotik untuk mendukung pertumbuhan kuman baik di saluran pencernaan.

Meningkatkan sistem imunitas
Salah satu manfaat yang bisa didapatkan yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imun manusia. Ini bisa didapatkan dari kandungan vitamin C dalam jumlah yang tinggi dan antioksidan di dalamnya. Karena perpaduan antara vitamin C dan antioksidan memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi.

Menjaga berat badan
Saat mengonsumsi buah nangka anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk ngemil atau makan berlebih juga akan berkurang. Hal ini berkat kandungan serat dan proteinnya cukup tinggi dalam buah nangka. Selain itu kandungan kalori dalam buah nangka juga terbilang rendah. Hal ini menjadikan buah nangka sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan tetap normal.

Mengurangi resiko kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan paling menakutkan di dunia. Jadi agar terhindar dari penyakit ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan secara keseluruhan yaitu menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Buah nangka adalah salah satu makanan bernutrisi yang mengandung banyak antioksidan dan dapat menangkal efek negatif radikal bebas. Pada sel-sel tubuh dan kerusakan sel akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit kronis termasuk kanker.

Meningkatkan kesehatan tulang
Buah nangka mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang yang baik. Pasalnya kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Itu sebabnya mengonsumsi nangka setiap hari akan membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis. Kandungan potassium dalam buah nangka juga berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat.

Mencegah anemia
Saat tubuh kekurangan darah merah atau anemia maka tubuh akan terasa lemas dan letih yang membuat anda malas melakukan banyak aktivitas. Untuk mengatasi hal ini anda harus mendapatkan manfaat buah nangka guna mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen keseluruh organ tubuh.

Mencegah penyakit kardiovaskular
Manfaat buah nangka dalam memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah bisa diperoleh dari kandungan serat, kalium dan antioksidannya cukup tinggi. Serat dan antioksidan berfungsi untuk mengurangi kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. 
 
Sedangkan kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil karena manfaat tersebut buah nangka baik dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Memelihara kesehatan kulit
Anda mungkin cukup rajin menjalani beragam perawatan kulit namun perawatan kulit dari luar saja tidak cukup. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Salah satu makanan yang baik untuk kulit adalah buah nangka, buah ini kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu vitamin C dari buah nangka juga dapat membantu tubuh menghasilkan kolagen yang dapat menjadikan kulit kenyal dan tetap kencang sehingga mencegah penuaan dini.

Menjaga kesehatan mata
Buah nangka memiliki kandungan vitamin A, beta karoten yang sangat berlimpah. Kandungan tersebut dapat memberikan nutrisi yang sangat sehat untuk mata. Selain itu kandungan nutrisi tersebut dapat melindungi mata dari infeksi akibat virus dan bakteri. Dan dengan mengonsumsi juga ternyata sangat efektif dalam mencegah terjadinya degenerasi retina serta dapat mengurangi resiko timbulnya katarak pada mata.

Sumber energi lengkap
Memang memiliki rasa yang manis, rasa manis pada nangka tersebut berasal dari kandungan sukrosa dan fruktosa yang terdapat pada nangka. Kedua jenis bahan tersebut merupakan jenis gula alami yang dapat memberi tubuh asupan tenaga. Namun karena adanya kandungan gula tersebut anda perlu membatasi konsumsinya. Karena ditakutkan jika dimakan berlebihan justru akan menimbulkan kelebihan kalori di dalam tubuh.

Catatan:
Manfaat buah nangka untuk kesehatan, namun perlu diingat buah nangka bukanlah obat. Mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan pun memiliki resiko jadi konsumsilah sewajarnya saja. Semoga bermanfaat.