Manfaat Jeruk Nipis Kesehatan Tubuh Manusia

 https://www.smaspeman99.com/2023/07/manfaat-jeruk-nipis-kesehatan-tubuh.html

Jeruk nipis biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan seperti soto dan mie kocok. Bahkan aroma dan rasanya yang kecut serta segar menjadikan air perasan jeruk nipis sering dijadikan penghilang bau amis pada ikan sebelum diolah.

Namun disamping itu semua belum banyak orang yang tahu kalau jeruk nipis menyimpan segudang manfaat baik untuk tubuh. Dilansir dari healthline, jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang bisa berguna melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu mengonsumsi air perasan buah tersebut juga bisa meningkatkan kesehatan dan remajakan kulit.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat saat anda menambahkan perasaan air jeruk nipis ke dalam air putih untuk dikonsumsi:

* Meremajakan kulit
Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid yang merupakan antioksidan untuk memperkuat kolagen. Minum air jeruk nipis juga bisa menghidrasi tubuh dan meremajakan kulit. Namun tidak disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit anda.

* Meningkatkan pencernaan
Perasan air jeruk nipis bersifat asam sehingga dapat membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan menjadi lebih baik. Selain itu kandungan flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sekresi cairan pencernaan. Keasamaan pada jeruk nipis juga dapat membersihkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus sehingga baik untuk mengatasi sembelit.

* Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi seperti virus flu dan pilek. Selain itu dua kandungan tersebut juga dapat mempersingkat durasi suatu penyakit.

* Menurunkan berat badan
Manfaat lain dari jeruk nipis adalah membantu mengatur berat badan kandungan asam sitrat. Dapat meningkatkan metabolisme serta membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak. Anda dapat meminum air jeruk nipis setiap pagi atau menghisap irisan jeruk nipis sebelum makan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

* Menurunkan kadar gula darah
Jeruk nipis dapat membantu penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Memiliki indeks glikemik yang rendah membuat jeruk nipis dapat mengatur tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah.

* Menyehatkan jantung
Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan potasium yang baik sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat dalam jeruk nipis juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah serta dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Senyawa limonin pada jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar kolesterol. 

* Mencegah kanker
Mengonsumsi air perasan jeruk nipis dapat mengurangi risiko terkena kanker dan membantu melawan penyakit. Sifat antioksidan dalam jeruk nipis dapat meningkatkan fungsi kekebalan pada tubuh.

* Mengurangi peradangan sendi
Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat meredakan gejala radang sendi dan kondisi yang membuat sendi nyeri serta kekakuan sendi. Jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar asam urat yang terdapat di dalam tubuh.

* Mencegah batu ginjal
Dilansir dari medical News today mengkonsumsi air jeruk nipis dapat membantu mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal. Kandungan asam sitrat dan vitamin C berperan penting dalam mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal di masa depan.

* Meningkatkan konsumsi air
Orang yang tidak mengonsumsi cukup air putih dapat menambahkan perasan jeruk nipis untuk meningkatkan rasa air tersebut sehingga dapat mendorong untuk minum lebih banyak air putih.

Walaupun jeruk nipis memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Alih-alih menyehatkan tubuh, mengonsumsi jeruk nipis terlalu sering dalam jumlah banyak malah membuat anda sakit. Semoga bermanfaat.