Sayuran Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia

 https://www.smaspeman99.com/2023/08/sayuran-penambah-darah-untuk-mengatasi.html

Berikut pembahasan mengenai sayuran penambah darah untuk tubuh, seperti:

Bayam
Bayam adalah sayuran penambah darah yang sudah tak asing lagi di lidah orang Indonesia. Siapa sangka dalam 100 gr bayam terdapat 2,7 mg zat besi. Jika anda rajin mengkomsumsinya, produksi sel darah merah di dalam tubuh akan terjaga ditambah lagi bayam juga dilengkapi dengan vitamin C yang bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Kale
Walaupun tidak mengandung zat besi sebanyak bayam, kale tidak boleh diremehkan dalam 100 gr kale direbus terdapat 1 mg zat besi yang bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah, sehingga anemia dapat dicegah. Selain itu sayuran penambah daerah ini juga mengandung vitamin A yang juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Kolat
Masih dari keluarga sayuran hijau, kali ini ada kolat, dia masuk dalam golongan sayuran penambah darah. Dalam satu cangkir kolat rebus terdapat 2,2 mg zat besi di dalamnya, luar biasa bukan, tidak hanya itu kolat juga mengandung vitamin C sebanyak 34,6 mg yang ampuh membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Kentang
Sayuran penambah darah selanjutnya seringkali dijadikan sebagai pengganti nasi, karena mengandung karbohidrat cukup tinggi. Tentang sayuran berwarna coklat yang suka dijadikan perkedel ini mengandung 3,2 mg zat besi di setiap 295 gr.

Jamur
Jamur 2,7 mg zat besi dalam setiap satu cangkirnya.

Wortel
Selain zat besi, tubuh juga membutuhkan vitamin A agar kadar sel darah merah terjaga. Salah satu sayuran penambah darah yang mengandung vitamin A adalah wortel. Setengah cangkir wortel saja sudah mengandung 459 mg vitamin A atau setara dengan 184 % kebutuhan harian Anda.

Ubi jalar
Tembaga adalah zat nutrisi yang dapat membantu sel darah merah mendapatkan akses ke zat besi. Kandungan tembaga inilah yang menjadi alasan mengapa ubi jalar dipercaya sebagai sayuran penambah darah. Dalam 100 gr ubi jalar terdapat 0,3 mg tembaga ditambah lagi sayurnya juga mengandung zat besi sebanyak 2,1 mg.

Paprika merah
Paprika merah adalah sayuran penambah darah yang mengandung vitamin A. Sebesar nya vitamin A yang dikandung oleh paprika merah masih berbentuk betakaroten. Namun saat masuk ke dalam tubuh beta karoten akan diubah menjadi vitamin A. Semoga bermanfaat.