Tips Agar Berhasil Menabung Dan Sesuai Tujuan Anda

 https://www.smaspeman99.com/2023/07/tips-agar-berhasil-menabung-dan-sesuai.html

Gimana caranya dengan penghasilan berapapun anda akan tetap bisa menabung sukses. Menabung sama dengan kesuksesan menabung itu bukan seberapa besar penghasilan, tapi seberapa sukses anda berhasil menekan pengeluaran.

Bisa saja seseorang punya gaji 100 juta tapi pengeluaran dia 120 juta, yang ada bukan nabung malah hutang. Bisa saja anda punya gaji 2 juta dan pengeluaran anda cuman 1,5 juta, berarti anda sudah berhasil menabung 500 ribu.

Berikut beberapa tips yang akan membantu anda untuk berhasil menabung, yakni:

* Harus memiliki rekening tabungan
Benar, harus buat rekening, buat nampung uang, ini rekening khusus menabung yang tidak boleh anda tarik sama sekali. Kenapa tidak digabung saja jadi satu, disaranin karena ini seringkali tidak berhasil, rekening anda nanti tidak jelas uang masuk, berapa pengeluaran, tanpa sadar anda bisa menggunakan uang yang seharusnya anda tabung akhirnya anda tidak tahu sebenarnya anda itu berhasil menabung atau tidak.

Buat anda yang belum punya rekening tabungan buat sekarang jangan ditunda, tidak harus bentuk rekening anda bisa pakai celengan. Dimanapun itu jadi minimal anda punya dua tabungan, satu rekening buat tabungan, satunya buat dipakai untuk keperluan sehari-hari.

* Anda harus punya goal atau tujuan atau pencapaian
Tabungan itu hampa kalau tidak ada tujuannya, buat apa anda ngumpulin uang kalau tidak ada tujuannya. Benar tidak, apakah untuk traveling, beli handphone, rumah, catat semua gold anda dan ini harus anda penuhi satu persatu berdasarkan prioritas. Tabungan yang menjadi prioritas tinggi itu adalah dana darurat.

Dana ini tidak boleh dipakai sama sekali kecuali sangat dibutuhkan, dana darurat ini juga tidak boleh berbentuk investasi. Ketika anda butuh, anda bisa tarik langsung dengan gampang. Contohnya untuk kejadian tak terduga seperti sekarang korona, pastinya pemasukan berkurang. Inilah gunanya dana darurat, jadi dana darurat ini bisa digunakan untuk hidup sehari-hari atau untuk berobat.

Untuk yang belum berkeluarga minimal anda harus punya dada darurat tiga kali dari pengeluaran. Contohnya pengeluaran anda tiap bulan itu 2 juta, 2 x 3 = 6 juta, minimal anda harus ada enam juta. Disesuaikan dengan anda saja yang penting anda harus punya suatu patokan pasti untuk goals anda menabung.

* Lakukan prosentase pembagian tabungan
Ini penting sekali dan ini menjadi kunci keberhasilan menabung, pembagian ini adalah: Pertama harus anda lakukan setiap kali anda mendapatkan uang. Ada pembagian yang jelas jadi tidak ada alasan lagi uang aku tidak cukup untuk ditabung. Ini juga beragam, disesuaikan ada rumus yang paling sering digunakan adalah 50:30:20. 50% ini bisa anda gunakan untuk keperluan sehari-hari, 30% ini bisa anda gunakan untuk belajar dan 20% untuk ditabung.

Pembagian ini harus dilakukan pertama kali ketika andamendapatkan uanf dan tidak akan di tambah nilainya sampai akhir bulan. Jadi jangan dijajanin sama sekali, masukkin dulu ke dalam pembagian ini baru anda bebas belanjain sesuai kategorinya. Kita lebih suka meminimalisir pengeluaran, kalau bisa di pakai 30% saja sisanya di tabung. Bila anda tipenya orang yang jarang sekali belanja kalau tidak bener-bener butuh, masing-masing orang itu berbeda.

Jadi anda temukan saja sistem yang pas dan nyaman bagi anda, saran dari di penuhi dulu kebutuhan primer anda menyusul dengan sekunder. Dan kalau untuk kebutuhan tersier selama anda tidak butuh butuh sekali di saranin tidak usah terlalu dikejar. Pokoknya gold di sini adalah anda berhasil menabung jadi dari 100%, sisakan 20 atau 30 % untuk ditabung.

* Hitung pengeluaran anda
Jadi ini penting sekali, jadi buat anda yang masih muda dan harus hitung pengeluaran anda. Kenapa penting, jadi anda tahu pengeluaran hal itu besar, berapa banyak, buat apa saja dan anda bisa lihat apakah sebenarnya penting atau tidak. Bisa dikurangin tidak pengeluaran yang ini.

Minimal selama satu bulan saja dan yakin anda pasti kaget sekali, karena anda bisa masukin setiap pengeluaran tiap bulannya dan berapa dan di akhir bulan nanti bisa kasih kesimpulan. Berapa banyak memasukkan, berapa banyak pengeluaran setelah berhasil mencatat pengeluaran jadi sadar dua hal kita merasa tidak jajan tapi ternyata pengeluaran kita untuk hal-hal yang tidak penting itu masih besar. Semoga bermanfaat.