Tips Menabung Secara Mudah dan Pasti Berhasil untuk Pemula

 https://www.smaspeman99.com/2023/07/tips-menabung-secara-mudah-dan-pasti.html

Apakah anda seseorang yang gagal melulu menabung, baru menabung seminggu sudah diambil lagi, baru menabung dua kali sudah diambil, terjadi gagal terus gitu. Menabung kapan berhasilnya kalau kita mau menabung kalau belum ada hasilnya sudah diambil belum ada sudah diambil terus gitu sehingga sering gagal dalam menabung.

Ada sedikit tips untuk anda yang ingin berhasil dalam menabung, seperti:

Tentukan tujuan dari menabung kita
Dengan mengetahui tujuan dari menabung kita akan lebih semangat dan juga dalam mengumpulkan uangnya itu kita akan menjadi lebih teratur dan juga lebih ada semangat dari dalam. Mau menabung kayak gitu seumpamanya kita pengen beli HP baru gitu, ya sudah kita nabung. Jadi kita ada tujuan kedepannya dan kita memiliki semangat dalam meraihnya.

Jadi yang pertama kita tentukan dulu tujuannya kita menabung itu untuk apa atau entah hanya untuk dana daruratkita menabung. Nanti kalau suatu saat ada kebutuhan mendadak seperti itu tidak apa-apa kita buat saja tabungan dana darurat seperti itu dan itu bagus sekali. Karena namanya dana darurat itu kan kita pasti penting, pasti butuh, jadi kita tentukan dulu tujuan kita menabung.

Pilihlah nominal yang kira-kira kita itu ikhlas
Kalau kita menabungnya dan kita tidak ingat-ingat lagi kalau kita sudah menabung seperti, kalau baru menabung jangan coba-coba menabung Rp50.000 karena apa, besoknya pasti pengen diambil karena uang 50 ribu itu lumayan sekali. Jadi kita pilih nominal yang kita  paling ikhlas contoh Rp1.000 atau Rp2.000.

Jadi kita bisa mulai dari nominal paling kecil atau nominal yang kita paling ikhlas untuk melepaskannya. Karena namanya kita menabung kan bukan untuk menambah beban. Jadi menabung itu kita santai, pengen mencapai suatu tujuan dengan tanpa mengeluarkan beban yang berasa. Jadi kita tabung dari jauh-jauh hari supaya nanti pas kita mau membeli untuk sesuatu jadi tidak menjadi beban seperti itu. Kalau kita nabung sudah beban, yakin tak bakal lama pasti sudah keambil.
 
Makanya kita bisa mulai dengan nominal yang kita paling ikhlas, contoh kecil saja uang Rp 500-an atau uang 1000-an, uang 2000-an. Nah nanti bisa kita naikkan sedikit demi sedikit levelnya, mulai dari Rp 2000, Rp5.000 terus 10.000. Seperti itu untuk pemula, jadi kita bisa ngecek dulu kalau celengan yang ada targetnya itu mungkin buat yang sudah profesional atau memiliki penghasilan yang tiap harinya ada.

Jadi dia bisa teratur gitu, seumpama target satu juta dalam sebulan seperti itu dan itu mungkin bisa dilakukan orang-orang yang penghasilannya itu sudah oke, harian tetap dan lumayan. Seumpama jual, setiap hari dapat uang bisalah kita target, tapi kalau untuk kita para pemula yang sering gagal kita bisa cari nominal yang kita paling ikhlas dulu. Kita berhasil dulu saja nanti kalau kita sudah berhasil barulah naikkan sedikit demi sedikit.

Upayakan supaya kita itu berhasil dulu
Jadi kita jangan muluk-muluk atau kita target-target-in dulu. Jadi kita itu seperti nabung itu kita kenali dulu, kita nyamannya dulu saja. Jangan kita sudah muluk-muluk pengen ini pengen itu dalam waktu satu bulan gitu, karena untuk pemula atau belajar itu tidak mudah. Tidak semudah membalikkan telapak tangan, jadi kita juga harus mempelajari prosesnya kira-kira bisa tidak melewati kalau. Kita nabung prosesnya itu mudah atau sulit seperti itu jadi kita cari gampangnya dulu.

Apabila sekali menabung kita sudah berhasil untuk tujuan salah satu gitu kita sudah tercapai barulah kita naikkan sesuai kemampuan kita. Nah itu lebih baik dan sudah pasti kita akan mudah untuk berhasilnya dari pada kita belum apa-apa sudah langsung gini gitu akhirnya kita baru seminggu atau 2 minggu sudah tidak kuat atau lupa buat misinya. Jadi seperti itu kita buat senyamannya dalam menabung dan jangan lupa untuk selalu menantang diri sendiri supaya kita disiplin untuk mengisinya sehingga misinya terus sampai tidak kerasa.

Buatlah tabungan lebih dari satu
Jadi kenapa disini menyarankan untuk membuat tabungannya lebih dari satu. Supaya apabila kita datang rasa malas atau rasa bosan dalam diri, datang kehilafan pengen buka, minimal kita buka salah satu saja. Dan yang satunya masih aman seperti itu dan selalu diingat ingat bahwa apa yang kita tabung hari ini menjadi penolong kita di masa depan. Jadi jangan ragu untuk mulai menabung, jangan ragu untuk menyisihkan uang kita meskipun kecil.

Tapi kalau kita terus-menerus bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat. Jadi jangan ragu, mulai saja dulu bikin tabungan, mulailah dari nominal yang kecil. Lakukan terus-menerus, konsisten diisi terus jangan lupa untuk selalu menyemangati diri sendiri untuk supaya berhasil menantang diri sendiri. Jalan sendiri-sendiri supaya berhasil dan tak lupa selalu berdoa mudah-mudahan semakin hari semakin terus belajar dan semakin hebat, semakin terus menguasai ilmu keuangan. Semoga bermanfaat.