5 Bagian Utama Sistem Pembuangan atau Knalpot Mobil

 https://www.smaspeman99.com/2024/03/5-bagian-utama-sistem-pembuangan-atau.html

Pada sistem pembuangan merupakan rangkaian ruang dan pipa yang dimulai dari mesin dan berakhir di bagian belakang mobil dengan pipa ekor. Kebanyakan mobil mempunyai satu sistem pembuangan.

Meskipun kendaraan dengan mesin 8 silinder mungkin memiliki 2 sistem pembuangan, satu untuk silinder kanan dan satu lagi untuk kiri. Dalam hal ini, penting agar kedua sistem berjalan secara efisien, meskipun pada dasarnya keduanya sama.

Ada 5 bagian utama dalam sistem pembuangan pada umumnya, yakni:

1 Knalpot
Sesuai dengan namanya, knalpot berfungsi sebagai peredam suara pembakaran yang sangat keras yang terjadi di seluruh sistem pembuangan. Gelombang suara pembakaran berjalan melalui sistem sampai mencapai knalpot, biasanya dihubungkan ke knalpot mobil. 

Knalpot adalah kotak logam yang berisi serangkaian tabung yang disebut baffle, beberapa berlubang, namun gelombang harus bergerak, kehilangan energi di sepanjang jalan dan dengan demikian menjadi lebih tenang. Di bagian belakang knalpot terdapat resonator, yang melalui tekanan yang dibangun menghilangkan gelombang suara. 

Knalpot lainnya bekerja dengan menggunakan fiberglass untuk menyerap gelombang suara. Yang terbaik yaitu menggunakan kedua metode tersebut. Mengganti knalpot mobil akan memberikan suara yang sangat berbeda pada sistem pembuangan.

2. Konventer katalitik
Bagian penting ini muncul setelah manifold buang dan berfungsi untuk mengubah gas karbon monoksida dan hidrokarbon berbahaya menjadi karbon dioksida dan uap air, sehingga gas buang lebih aman untuk lingkungan. Meskipun mobil bisa berjalan tanpa konverter, mengemudi tanpa konverter adalah ilegal di beberapa negara.

3. Pipa knalpot
Pipa-pipa ini mengalirkan gas buang ke seluruh sistem. Mereka terhubung ke manifold di awal dan diakhiri dengan pipa knalpot tempat knalpot keluar terakhirnya di luar kendaraan.

4. Sensor oksigen
Terletak di dalam atau dekat manifold, sensor oksigen mengirimkan pembacaan tingkat oksigen ke komputer mobil, dan dari sini, komputer mengatur berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan mesin untuk efisiensi bahan bakar terbaik.

5. Manifold knalpot
Manifold berada di bagian depan sistem pembuangan, menempel pada mesin di kepala silinder. Ini bertanggung jawab untuk membuang gas buang dari beberapa silinder ke dalam satu pipa. Manifold juga membakar sisa bahan bakar yang tidak terbakar dengan baik di dalam mesin. Semoga bermanfaat.