7 Masalah pada Kaki dan Perawatannya

 https://www.smaspeman99.com/2024/04/7-masalah-pada-kaki-dan-perawatannya.html

Berikut beberapa permasalahannya, seperti:

1. Lecet
Alas kaki yang menjepit Anda, akan membuat Anda melepuh. Anda juga tidak boleh memakai sepatu yang longgar, karena gesekan terus-menerus juga bisa menyebabkan lecet. Perawatan sampai lepuh mengering, jangan memakai sepatu yang sama. 

Jangan mencoba menusuk lepuh sendiri, sebab dapat menginfeksi kulit Anda. Gunakan bedak talk yang baik dan jaga agar lepuh tetap kering saat keluar. Saat di rumah, oleskan krim antiseptik pada lepuh.

2. Jari kaki berkeringat
Ini dapat menimbulkan banyak masalah. Jika Anda memakai sepatu, sepatu cenderung longgar dan menimbulkan bau yang khas. 

Perawatan: hindari memakai sepatu tertutup sama sekali. Sering-seringlah mencuci kaki dengan air dingin. Gunakan skin astringent pada telapak kaki Anda.

3. Pembesaran pembuluh darah
Hal ini umumnya terjadi ketika seseorang harus banyak berdiri dan terkadang karena memakai sepatu hak yang sangat tinggi. 

Perawatan: jangan memakai sepatu yang terlalu ketat. Beri diri Anda sedikit istirahat di siang hari dengan melepas sepatu dan mengistirahatkan jari-jari kaki lebih tinggi dari ketinggian kepala.

4. Tumit retak
Kurangnya kelembapan dan minyak bisa menyebabkan kondisi seperti itu. 

Perawatan: gunakan gliserin dan minyak untuk memijat kaki Anda seminggu sekali. Gunakan pelembab yang baik setiap hari.

5. Kuku retak
Hal ini terjadi disebabkan kelalaian terhadap kuku jari kaki dan juga karena kesehatan secara umum kurang baik. 

Perawatan: sertakan banyak vitamin dalam diet harian Anda. Pijat kuku jari kaki dengan krim kaya nutrisi setiap hari. Jangan gunakan cat kuku kering.

6. Kaki bengkak
Hal ini terjadi bila seseorang terbiasa duduk atau berdiri terlalu lama, dengan kaki menggantung ke bawah dan sepatu yang kurang tepat. 

Perawatan: cuci kaki Anda dengan sabun dan air panas, lalu oleskan cologne pada kaki tersebut. Hindari duduk dengan kaki menggantung terlalu lama. Berbaringlah dengan kaki lebih tinggi dari kepala sesering mungkin.

7. Infeksi jamur
Kaki lebih rentan terhadap infeksi tersebut karena jamur tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan pengap, yang tidak terjangkau sinar matahari. 

Perawatan: ganti dengan sepatu terbuka atau sendal tanpa kaos kaki. Gunakan krim antijamur apa pun, terutama di sela-sela jari kaki yang merupakan tempat berkembang biaknya infeksi. Semoga bermnafaat.